Never Stop Learn

Sabtu, 25 Maret 2023

Sederet Keutamaan Berpuasa di Bulan Ramadhan

Pada Bulan Ramadhan, seluruh umat muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh untuk mendapatkan ketakwaan di sisi Allah SWT. Ibadah puasa ramadhan memiliki kedudukan yang mulia  dan utama. 


Hukum puasa Ramadhan adalah fardhu’ain (wajib) bagi seluruh umat muslim dengan ketentuan berakal, beriman, sehat, mampu dan tidak sedang haid (bagi wanita). Berikut uraian singkat tentang keutamaan berpuasa di bulan ramadhan:

1.     Menjadi penghapus dosa.

Dengan berpuasa di bulan Ramadhan diharapkan Allah menerima amal ibadah dan menghapus dosa-dosa seorang hamba. Dalam hadis HR Bukhari dan Muslim dijelaskan:

Dari Abu Hurairah, ia berkata,

"Barangsiapa melaksanakan puasa dengan keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosanya yang telah berlalu." (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 1266).

2.     Menjadi perisai atau pelindung seorang hamba dari setan.

Setan yang berkeliaran di bumi dan langit senantiasa menggoda manusia dan mengajak pada perbuatan dosa, pada momen Ramadhan setan dibelenggu oleh Allah SWT. Seperti dijelaskan dalam hadist berikut :

“Ketika masuk bulan Ramadlan maka syaitan-syaitan dibelenggu, pintu-pintu surga dibuka, dan pintu-pintu neraka ditutup,” (HR Bukhari dan Muslim).

"Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah SWT telah mewajibkan kepada kalian berpuasa didalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, dibulan itu setan-setan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang." (HR An-Nasa'i).

3.     Mendapatkan pahala yang berlipat ganda

Segala bentuk ibadah di bulan Ramadhan akan mendapatkan balasan pahla dari Allah berlipat-lipat.

"Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. (HR. Muslim).

 

4.     Mendapat keistimewaan: Masuk kedalam surga Ar-Rayyan

Setiap muslim pasti mendambakan dimasukkan kedalam surga Allah SWT. Bagi yang suka berpuasa insyallah mendapatkan surga dari Allah.

                “Di surga ada delapan pintu, diantaranya ada yang dinamakan pintu Ar-Rayyan yang                                 tidak akan memasukinya kecuali orang-orang yang berpuasa.” (HR. Bukhari). 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog