Never Stop Learn

Kamis, 02 Maret 2023

5 Keistimewaan Kapal Pendarat Watercat M18 AMC

Watercat M18 Armored Modular Craft (AMC) adalah kapal pendarat modern karya perusahaan Marine Alu Tech Finlandia. Kapal pendarat ini familiar digunakan oleh pasukan dari Korps Marinir (Finnish Marines Corps) dan Pasukan Khusus (Finnish Special Force) sebagai wahana mengantarkan pasukan tempur ke pantai pendaratan, rawa, sungai atau daerah operasi lainnya.

 

Marine Alu Tech

Watercat M18 AMC mulai memasuki debutnya  pada tahun 2012, dimana Finlandia Navy memesan 12 unit dan diserahterimakan secara bertahap mulai tahun 2014 s.d. 2016. 

 

Marine Alu Tech

Didapuk sebagai Combat Support Vessel (CSV), Watercat M18 AMC memiliki dimensi:

Panjang keseluruhan

19.90 meter

Lebar

4.30 meter

Draught

1,3 meter

Berat total

32.000 Kg

 

Marine Alu Tech

Watercat M18 AMC menggunakan material lambung (hull) dan deck kapal yang terbuat dali alloy (alumunium), sementara bakap kapal menggunakan bahan composite. Untuk memanjakan crew, kapal ini dilengkapi dengan pemanas  dan pendingin ruangan.

 

Marine Alu Tech

5 Keistimewaan Watercat M18 AMC:

1.    Troop Transportation, sebagai media angkut pasukan.

2.    Medical and Evacuation Task, sebagai sarana untuk melaksanakan evakuasi medis bagi pasukan yang berada di garis depan pertempuran atau daerah operasi.

3.    Landing operations, pada saat operasi amfibi digelar Watercat M18 AMC bertugas mengadaratkan pasukan ke pantai lawan atau daerah operasi dan memberikan tembakan perlindungan ke garis pantai.

4.    Patrolling and Escort Task, tugas khusus yang dapat dilakasanakan yaitu misi patroli di perairan dangkal, danau, sungai atau rawa dan misi pengawalan terhadap kapal Perang ataupun kapal niaga yang dianggap aset penting.

5.    Combat and Battle Support Scenario, pada operasi militer Watercat M18 AMC dapat ditugaskan untuk mendukung jalannya pertempuran dengan fungsi asasi sesuai dengan doktrin dan skenario pertempuran.

 



Share:

4 comments:

  1. Good Water transportation...for troops

    BalasHapus
  2. Kena canon bocor gan

    BalasHapus
  3. Muat berapa pasukan?

    BalasHapus
  4. Kita udh bisa bikin beli karya anak bangsa aja

    BalasHapus

Arsip Blog