Never Stop Learn

Rabu, 22 Maret 2023

8 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan: Penting Dikonsumsi!

Buah rambutan (Nephelium lappaceum) adalah buah yang hidup di kawasa Asia Tenggara, habitatnya tersebar mulai dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Thailand, Vietnam, Kamboja, Laos, Myanmar dan lain-lainnya. Rambutan termasuk kedalam famili Sapindaceae

Pohon Rambutan cocok hidup dan berkembang di tanah latosol dengan permukaan air tanah antara 50-150 cm dengan tingkat keasaman (pH 3-5). Bentuk buah rambutan yaitu memiliki rambut dan menyerupai seperti bola golf dengan cangkang berwarna merah dan hijau berbulu. Selain rasa buahnya manis dan enak, ternyata banyak manfaat positif rambutan untuk tubuh kita. Berikut ulasannya:

 

1.     1. Meningkatkan Imunitas tubuh

Buah rambutan memiliki banyak kandungan vitamin C dan serat yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin C dapat berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi tubuh dari kerusakan sel dan meningkatkan imunitas tubuh.

 

2.     2. Mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh

Rambutan memiliki kandungan antosianin, senyawa fenolik dan senyawa metanol. Senyawa-senyawa tersebut bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya sel kanker.

 

3.     3. Membantu menjaga Kesehatan jantung

Buah rambutan mengandung potassium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan serat yang terdapat dalam buah rambutan juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

 

4.     4. Menyehatkan rambut

Dengan mengonsumsi rambutan secara rutin akan menjadikan pertumbuhan rambut lebih sehat. Hal ini berkat kandungan seng dan protein yang ada pada rambutan.

 

5.     5. Mencegah dan mengobati sariawan

Kandungan vitamin C dalam rambutan dapat mencegah sariawan atau bibir kering dan sariawan.

 

6.     6. Membantu menjaga Kesehatan mata

Vitamin A banyak terdapat dalam buah rambutan. Konsumsi rambutan secara teratur memastikan dan membantu menjaga kesehatan pengelihatan mata.

 

7.     7. Membantu mencegah Penuaan Dini

Vitamin E yang terdapat dalam buah rambutan dapat membantu mencegah penuaan dini.

 

8.     8. Melancarkan system pencernaan

Konsumsi buah rambutan secara teratur dapat membantu memperlancar pencernaan dan mengurangi masalah sembelit dan diare.

 

 

 

 

 


Share:

1 comments:

Arsip Blog