Never Stop Learn

Kamis, 02 Maret 2023

8 Cara Mendapat Tidur yang Berkualitas, Bye-Bye Insomnia

Kualitas tidur menentukan hari esok. Beberapa hal yang menyebabkan kualitas tidur kita berkurang salah satunya adalah Insomnia. Apa itu insomnia?
Definisi insomnia menurut KBBI adalah keadaan tidak dapat tidur karena gangguan jiwa. Sementara itu para ahli berpendapat :


1. Edward R. Brace (1984: 177) adalah suatu kesulitan abnormal untuk jatuh tidur, tetap tidur atau dalam keadaan terjaga bila akan mencoba tidur.
2. Stella Weller (1996: 142) menyatakan bahwa, insomnia merupakan kondisi yang mengacu pada kesulitan tidur, waktu tidur yang tidak mencukupi serta gangguan terjaga pada saat tidur.
3. Sementara menurut Jeffrey S. Nevid et. al (2005: 70) pengertian insomnia mencakup banyak hal, diantaranya insomnia dapat diartikan sebagai kesulitan untuk tidur atau kesulitan untuk tetap tidur, Berasal dari bahasa Latin in yang artinya “tidak” atau “tanpa”, dan somnus yang artinya “tidur”. Maksudnya adalah tidak dapat tidur atau sulit untuk memulai tidur, sulit untuk tetap tidur, dan kesulitan untuk memperoleh kualitas tidur
yang cukup. 
4. Yustinus Semium (2006: 207), bahwa insomnia terjadi karena seseorang terkena gangguan tidur sehingga terus-menerus mengalami kesulitan
tidur, dan bangun terlalu cepat.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa imsonia adalah gangguan tidur yang disebabkan oleh suatu hal. Lalu apakah insomnia bisa disembuhkan? Tentu saja, bisa banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur kita, diantaranya:

1. Membuat habbit yang baik. Yaitu dengan cara mengatur jam tidur yang rutin, misalkan jam 22.00 wib. Maka pada jam tersebut kita harus sudah berada ditempat tidur untuk memejamkan mata. Beruha disiplin dan berkomitmen demi kesehatan jiwa dan raga kita.

2. Hindari menggunakan handphone, berselancar di dunia maya, atau menonton film satu jam sebelum tidur. Letakkan hp dan cobalah untuk bersiap tidur sambil memikirkan hal-hal positif yang akan dilakukan besok.

3. Jauhi minuman yang mengandung cafein tinggi, seperti kopi agar lebih mudah memejamkan mata.

4.  Gunakan waktu sebelum tidur untuk mengingat Allah, berdzikir atau membaca qur'an, sebentar saja sejenak luangkan waktu. Sambil memberi nutrisi rohani bagi diri kita, agar lebih bersemangat esok hari.

5. Positive thinking. Pikirkanlah hal-hal yang membuatmu merasa tenang dan nyaman, rencana-rencana hebat yang akan dibuat untuk mengangkat derajat ortu kita atau meneruskan pendidikan dan karir kita. Lupakan kata-kata negative yang membuat mood kita berubah.

6. Memaafkan kesalahan. Apabila terdapat hal-hal yang tidak kita sukai dalam perjalanan hidup atau orang-orang yang memperlakukan kita tidak baik  maka langkah terbaik adalah memaafkan, dengan memaafkan hati akan menjadi lapang, dada terasa lebar. 

7.  Mendoakan orang-orang yang kita sayangi, seperti orang tua, keluarga, rekan kerja dan teman-teman yang telah banyak membantu tanpa kita sadari. Karena dibalik kesuksesan pasti ada orang-orang hebat yang dikirim Allah untuk memudahkan jalan kita.

8. Bersyukur, mengucapkan alhamdulillah atas kesempatan yang diberikan Allah. Tidak ada yang diciptakan sia-sia dimuka bumi, semua makhluk pasti ada manfaatnya. Lupakan kesalahan, buat janji untuk memperbaiki diri dan berencana kedepan.
Share:

2 comments:

  1. Sdh aq cb...trims bermanfaat bgt. Intinya memaafkan sblm tdur

    BalasHapus
  2. Yups thanks ya min

    BalasHapus

Arsip Blog