Never Stop Learn

Kamis, 09 Maret 2023

Begini 5 Keuntungan Menabung Emas Batangan

Tabungan Emas batangan merupakan salah satu instrument investasi atau tabungan yang  memiliki banyak manfaat. Mengingat kondisi perekonomian dunia yang tidak menentu maka emas batangan antam menjadi salah satu tabungan yang anti badai ketika terjadi gejolak ekonomi. 

 


Sedikit flashback ke belakang  emas telah dikenal sejak ribuan tahun silam. Berikut fakta faktanya:

NO

TAHUN

KETERANGAN

1.

40.000 SM

Pecahan-pecahan emas terdapat dalam situs gua-gua alami Spanyol

2.

3.600 SM

Penduduk Mesir sudah mulai memproses emas dan menggunakannya sebagai perhiasan, hiasan dan alat tukar.

3.

1.223 SM

Pada makam Tutankhamen ditemukan perhiasan dari emas dan peti mati yang digunakan Firaun tersebut terbuat dari emas.

 

Nah dari urian singkat diatas dapat kita ketahui bahwa emas sudah dikenal sejak jaman dahulu. Di era modern masyarakat yang menyimpan asetnya berupa emas batangan akan dapat banyak keuntungan diantaranya:

1.    Nilainya Stabil

Harga emas menyesuaikan kondisi perekonomian suatu negara dan dunia. Nilai emas stabil misalkan harga 1 kambing jantan gemuk dan sehat  pada jaman Rasulullah SAW adalah 1 dinar (4,25 gram) setara dengan Rp 4.200.000,00 pada saat ini. Apabila kita membeli kambing jantan kualitas super pada tahun 2023  maka hargany tetap sama senilai dengan 4,25 gram.

2.    Tahan terhadap inflasi

Setiap tahun harga emas selalu stabil, meskipun terdapat fluktuasi, perubahan harga relatif stabil. Pada saat resesi Saham, Reksadana dan Kripto tentu akan mengalami naik turun nilai yang luar biasa.

3.    Mudah dicairkan (Liquiditasnya tinggi)

Apabila kita memerlukan uang cash, kita seaktu-waktu dapat menjualnya dengan mudah di toko emas, pegadaian, Gerai Antam, atau dapat kita jual di forum jual beli atau market place.

4.    Mudah untuk dicari/dibeli

Untuk mendapatkan emas sebagai tabungan kita dapat membelinya langsung ke toko emas, butik antam, workshop, melalui market place dan social media.

5.    Bisa digunakan menjadi alat tukar

Dalam sebuah perniagaan atau jual-beli emas dapat menjadi alat tukar yang sama nilainya dengan uang asalkan terdapat kesepakatan antara penjual dan pembeli.

 

Share:

1 comments:

Arsip Blog