Never Stop Learn

Rabu, 11 Desember 2019

KEHANDALAN PANSER ANOA 6X6


Kedahsyatan kendaraan tempur Main Battle Tank dalam sebuah peperangan  memang telah teruji di berbagai medan pertempuran. Namun hal ini tidak lantas menjadi kunci kemenangan dalam peperangan, diera modern tetap diperlukan pasukan infanteri yang siap bertempur untuk menghancurkan lawan. Dengan pesatnya kemajuan industri alutsista diperlukan kendaraan pengangkut pasukan yang mumpuni sekaligus memenuhi aspek keselamatan dan keamanan untuk mendukung mobilitas pasukan infanteri. Setelah melalui riset panjang dan tidak kenal menyerah, putra-putri terbaik bangsa berhasil menciptakan Panser Anoa 6x6 buatan dalam negeri melalui PT Pindad.

panser anoa 2
(www.pindad.com)

BACA JUGA : EXOCET MM40 BLOCK 3

Panser ANOA mulai dikembangkan  pada tahun 2003 ketika TNI mengajukan permintaan kepada pemerintah untuk menyediakan kendaraan (armoured personel carrier) di Provinsi Aceh. PT.PINDAD pun merespon kebutuhan tersebut dan segera mengembangkan APR-1V atau Angkut Personil Ringan. Tahun 2004, kendaraan ini telah dikirim ke Aceh untuk digunakan TNI dalam mengemban tugasnya.

Dilihat dari segi keamanannya sebagai kendaraan militer, Anoa 6x6  dilapisi dengan proteksi baja Monocoque Armoured Steel dan Armoured Glass level tiga. Anoa 6x6 memiliki dimensi panjang 6 m, tinggi 2.5 m, lebar 2.5 m Berat kotor sekitar 12.500 kg, dan berat tempur sekitar 14.500 kg. Pada bagian dalam, Panser Anoa 6x6 ini dapat mengangkut maksimal 12 personel.
Panser Anoa 6x6 UN
(www.tempo.com)

Anoa 6x6 ditenagai oleh mesin Renault MIDR 062045 enam silinder Turbo Charged Diesel besutan Renault Perancis.Wow…keren bukan. Ditilik dari persenjataan, Anoa 6x6 dapat dipersenjatai baik dengan senapan mesin atau pelontar granat. Senapan mesinnya berkaliber 12,7 mm, sedangkan peluncur granat otomatis berkaliber 40 mm. Spesifikasi persenjataan ini tidak mutlak, tergantung order pemesanan.


Selain itu, 2 jenis senjata berat dapat diletakkan di bagian depan dan belakang kendaraan. Panser Anoa 6x6 juga dilengkapi dengan modus malam dan  daya derek 6 ton. Kemudian terdapat Fasilitas Komunikasi Termasuk VHF/FM (anti jamming dan hopping) dan GPS.

Sorce : pindad.com/artileri.org/mediaindonesia.com
(M.ri2d)
.

Share:

4 comments:

  1. mirip panser VAB buatan perancis, tapi tetep lebih bagus buatan pinda. Bravooooo

    BalasHapus
  2. Bangga Indonesia

    BalasHapus
  3. SELAMAT DIRGAHAYU PEJUANG GROZZNY / CZHENNYYA
    FRATERAN21@GMAIL.COMPASSWORDFRATERAN21
    BIKINI A/15 PERUMAHAN LANDUNGSARI ASRI A/15 A/15 KUE BLACKFOREST /
    NOPEMBER TAHUN 2013 RSJ LAWANG / RUMAH SAKIT JIWA LAWANG NOPEMBER TAHUN 2013 / HARI MALAM NOPEMBER TAHUN 2013

    BalasHapus

Arsip Blog