Never Stop Learn

Kamis, 19 Desember 2019

TERAPI PENYAKIT HATI (MAKSIAT MELEMAHKAN HATI)

MAKSIAT MELEMAHKAN HATI

Diantara akibat buruk maksiat adalah  melemahkan hati untuk beraktivitas karena Allah. Tak hanya melemahkan, tapi juga merintanginya, menghentikannya, dan menghalangi untuk melangkah menuju Allah. Bila hal ini dibiarkan, dosa akan menutup jalan, bahkan memalingkan hati kejalan yang lain.
Hati yang berjalan menuju Allah SWT dengan kekuatannya sendiri. Kalau seseorang terjangkit virus dosa, hati akan kehilangan kekuatannya. Kalau kekuatan itu hilang semuanya, terputuslah ia dari Allah. Mengejarnya sangat sulit karena terlanjur jauh. Hanya kepada Allah jualah tempat memohon pertolongan.



Dosa akan mematikan dan melemahkan hati. Ada delapan penyebabnya. Rasulullah memohon perlindungan kepada Allah SWT dari delapan perkara itu :
  1.   Al-Hamm (keresahan)
  2. AL-Huzn (kesedihan)
  3. Al-Ajz (ketidakmampuan)
  4. AL-Kasal (kemalasan)
  5. Al-Jubn (Kecil hati)
  6. Al-Bukhl (kekiran)
  7. Dhalaád-dain (terlilit hutang)
  8. Ghalabah ar-rifail (dibawah tekanan orang)
(HR. Bukhari).

Setiap dua dari delapan tersebut akan saling berkaitan

  •  Al-Hamm dan al-hazan. Sesuatu yang tidak diinginkan bisa muncul dalam hati. Bila menyangkut perkara yang akan datang, yang dinanti-nanti, ia menyebabkan hamm (kersahan). Dan bila menyangkut perkara  yang telah lampau, ia menyebabkan al-hazan (kesedihan).

  •     Al-Ájz dan Al-Kasal. Seseorang terkadang gagal mencapai kebaikan atau keuntungan (sukses). Jika dissebabkan oleh ketidakmampuannya, hal ini disebut al-ajz. Akan tetapi, jika disebabkan oleh tidak adanya kemauan, hal ini disebut al-kasal.

  •     Al-Jubn dan al-bukhl. Badan atau tenaga yang tidak bermanfaat disebut al-jubn. Sedangkan harta yang tidak bermanfaat untuk dirinya dan orang lain disebut al-bukhl.

  •      Dhalaá ad-dain dan ghalabah a-rijal. Jika orang lain memaksa kita karena memang berhak, itu disebut dhala’ad-dain. Sebaiknya jika orang itu menekan kita tanpa alasan yang benar, itu disebut ghalabah ar-rijal.

Dosa merupakan penyebab datangnya cobaan atau musibah besar seperti kesulitan hidup, ketetapan yang jelek, dan perlakuan yang memalukan dari musuh. Dosa merupakan penyebab hilangnya nikmat Allah. Nikmat tersebut keudian berubah menjadi niqmah (amarah) Allah.

Diambil dari buku “Terapi Penyakit Hati”karya Ibnul Qayyim al-Jauziyyah halaman 101, penerbit Qisti Press.


Share:

3 comments:

Arsip Blog