Never Stop Learn

Senin, 16 Desember 2019

"Yet Kieu" Submarine Resque Vessel buatan Vietnam

Kapal Selam dikenal menjadi senjata pamungkas dan mematikan. Seperti kisah dalam perang dunia II dimana sebuah kapal selam Jerman, U-47 yang dikomandani oleh Letnan Gunther Prien berhasil menembus pertahanan anti kapal selam Inggris dan berhasil masuk ke pangkalan utama Royal Navy di Scapa Flow untuk melakukan serangan. Aksi tersebut dilakukan oleh Kapten Gunth Prien bersama awak kapal selam U-47 pada 14 Oktober 1939 dini hari. Namun dibalik kehandalan kapal selam ada hal yang menyulitkan negara operator kapal selam apabila terjadi insiden di tengah laut. Oleh karenanya negara-negara didunia berlomba-lomba untuk memproduksi kapal yang mampu untuk mengevakuasi personel kapal selam apabila terjadi insiden di laut. Dilangsir dari harian e.vnexpress (Rabu, 4 Desember 2019), Vietnam meluncurkan kapal penyelamat kapal selam atau lebih dikenal Submarine resque Vessel

 YET KIEU 927 
(www.e.vnexpress.net)

Kapal yang diberi nama Yet Kieu dengan nomor lambung 927 diluncurkan di Hai Pong Citiy, Vietnam.
Kapal yang  di produksi oleh galangan kapal Z189 company ini memiliki berat total 3.950 ton dan dapat beroperasi di laut selama 30 hari. Pembangunan kapal Yet Kieu memakan waktu 17 bulan.
Saat ini Vietnam mengoperasikan 6 kapal selam 636 kilo class buatan rusia. Di Asia Tenggara terdapat negara yang sudah mengoperasikan submarine resque vessel seperti Singapura dengan kapal MV Swift Resque.

Source : janes.com/e.vnexpress.net
Share:

4 comments:

Arsip Blog