Never Stop Learn

Senin, 09 Desember 2019

Tank VT-4 buatan Cina perkuat AD Thailand

Kemampuan China sebagai negara produsen sekaligus penjual alutsista ke negara-negara Asia Tenggara memang tak diragukan lagi. Terbaru Angkatan Darat Thailand menerima tambahan 11 unit Main Battle Tank (MBTs)  Canggih  VT4s dan 38 panser 8x8 VN1 Infantry Fighting Vehicles (IFVs) besutan negeri tirai bambu. Kendaraan lapis baja tersebut tiba di pelabuhan Provinsi Chonburi sebelah tenggara Bangkok pada Selasa, 3 Desember 2019.


Tank VT-4
 (www.armyrecognition.com)
Dilangsir dari army-technology.com, Total pesanan yang diminta oleh Angkatan Darat Thailand atau Royal Thailand Army yaitu 50 tank berat VT4s dan 38 kendaraan tempur bantu infanteri VN-1. Bangkok sendiri telah menggelontorkan 233 juta bath atau setara dengan 7,7 juta US dolar untuk alokasi anggaran pertahanan dan keamanan pada tahun 2020.

Tank  VT4 MBT atau lebih dikenal dengan MBT-3000 merupakan Tank generasi ketiga yang didesain oleh China North Industries Corporation (Norinco). Order batch pertama Thailand yaitu pada tahun 2016 sebanyak 28 tank dan dikirimkan kepada Royal Thailand Navy  pada bulan Oktober 2017.
twitter
 Sejumlah 26 Tank masuk kedalam jajaran divisi kavaleri ke-3 atau 3rd Cavalary Division di Provinsi Khon Kae, sedangkan  2 tank masuk kedalam operasional Royal Thai Army Cavalry Center at Adisorn Military Camp di Saraburi dan The Army Armory Hall. Dikutip dari Bangkokpost, anggaran yang digelontorkan pada batch pertama mencapai 4,9  milyar bath, sedangkan batch ke 2 dengan jumlah 11 tank menelan anggaran 2 milyar bath.

Source : armyrecognition.com/janes.com/bangkokpost.com.
(M.ri2d)

Share:

3 comments:

Arsip Blog