Never Stop Learn

Kamis, 12 Desember 2019

Tank VT-5 pesaing Medium Tank Harimau

Tank kelas medium merupakan tank dengan daya gebuk yang mumpuni dan merupakan momok bagi lawan dalam pertempuran. Banyak negara didunia mengembangan tank medium untuk memenuhi kebutuhan angkatan perangnya. Indonesia sendiri termasuk dalam jajaran negara yang mengembangkan dan akan memproduksi tank medium Harimau hasil kerjasama dengan perusahaan FNSS Turki. 


Medium Tank VT-5
(www.shephardmedia.com)

Indonesia sebagai negara kepulauan memang memerlukan tank  dengan kemampuan mumpuni sekelas Main Battle Tank namun memiliki mobilitas yang tinggi. Tank harimau menjadi jawaban tepat atas kebutuhan TNI. Manisnya pasar alutsista kelas medium tank membuat industri pertahanan asal Cina Norinco (China North Industries Corporation), turut terjun dengan mengenalkan prototipe yang disebut Light Weight Main Battle Tank, Type 15. Dan jenis tank yang sama untuk pasar ekspor diberi kode VT5 pada Zhuhai Air Show di November 2016 lalu. Meskipun Norinco memasukkanya dalam kategori tank ringan namun tank VT-5 lebih pas masuk dlam kategori medium tank.

 Medium Tank VT-5
(www.pinterest.com)

BACA JUGA : TANK HARIMAU PINDAD

Dari segi spesifikasi Tank VT-5 memiliki kemampuan yang setara dengan  Tank Harimau. Berat tempur nya hampir setara yaitu diantara 33 – 36 ton. Senjata utamanya pun setanding, yaitu mengusung meriam kaliber 105 mm.


 Medium Tank VT-5

(www.sinodefence.com)

BACA JUGA : INDONESIA PESAN TANK BMP 3F

Angkatan bersenjata Cina sendiri membutuhkan Tank kelas medium untuk memenuhi peran operasi di medan dataran tinggi, seperti mendukung operasi militer di Tibet. Militer Cina membutuhkan sosok tank ringan dengan kemampuan setara MBT, dan wujudnya adalah Type 15. Pada bulan Juli 2017, tank yang diduga Type 15 sempat ramai diperbincangkan di forum militer, dengan cat kamuflase urban berwarna biru, Type 15 kala itu diisukan sebagai tank baru milik pasukan Marinir Cina.

Dilangsir dari militarytoday.com, Senjata utama (VT5) adalah meriam 105 mm dengan jarak tembak efekfif 3.000 meter. Sekali tembak sasaran bisa ambyarrr. Dalam sekali beroperasi, tank ini dapat membawa 38 butir munisi kaliber  105 mm. Berbagai amunisi  yang dapat dimuntahkan dari laras meriam ini yaitu amunisi jenis Armour-Piercing Fin-Stabilized Discarding Sabot (APFSDS), High-Explosive Anti-Tank (HEAT), High Explosive (HE), dan rudal anti tank dengan hulu ledak HEAT beradius efektif 5.000 meter. 


 Tank VT-5
(www.military-today.com)
 
Disarikan dari halaman thediplomat.com tank VT-5 dilengkapi dengan active protection dan sensor modern yang mampu mendeteksi serangan misil ataupun peluru lawan dan menghancurkannya sebelum mengenai badan tank. Wuih benar-benar saingan medium tank Harimau buatan putera-puteri terbaik bangsa Indonesia.

Source : militarytoday/sinodefence.com/pinterest.com/sherpamedia.com
(M.ri2d)
Share:

4 comments:

Arsip Blog