Never Stop Learn

Kamis, 28 November 2019

ROKET ASTROS II MK 6 PERKUAT PERTAHANAN NATUNA


Indonesia sebagai negara maritim sekaligus negara tropis , memiliki sumber daya alam yang berlimpah, menimbulkan paradoks dalam hal keunggulan kompetitif sekaligus tantangan sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat. Dengan Natuna yang strategis dan kandungan gas lam dan minyak bumi didalamnya. Tentu hal ini memicu kekuatan asing yang mencoba merongrong keutuhan NKRI.
ASTROS II MK 6 TNI-AD (www.pinterest.com)
Para pemimpin pun dengan sigap membangun kekuatan militer di Natuna. Dilangsir dari Batampos.com, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) I/ Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhillah, meresmikan penempatan alat utama sistem pertahanan (alutsista) jenis Astros II MK 6 sebanyak 14 unit di Baterai Armed Batalyon Komposit 1/Gardapati, Teluk Buton, Ranai, Natuna, Senin (18/11/2019).
(www.lenterakhatulistiwa.com)
Roket penggempur  Astros II MK 6 ini merupakan alusista baru yang masuk ke 3 satuan TNI AD, salah satunya Yon Komposit 1/ Gardapati Natuna. Batalyon Komposit 1/Gardapati (Yon Komposit 1/Gardapati) adalah pengalihan komando pengendalian (alih Kodal) Kompi C dan D Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti Kodam I/Bukit Barisan di Kabupaten Natuna. Keberadaan Komposit 1/Gardapati ini merupakan jawaban dari pembentukan satuan siap gerak TNI, dalam menghadapi penugasan yang bersifat mendesak dan dapat dikerahkan dalam waktu singkat. Meliputi proyeksi tugas Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP), baik dalam skala nasional maupun internasional. Markas Yon Komposit I/ Gardapati berada di Desa Sepempang Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau


MLRS Astros II MK 6 merupakan senjata canggih berupa peluncur roket dengan mobilitas, fleksibilitas dan tingkat akurasi yang sangat tinggi. Roket produk Avibrás Aerospacial, salah satu manufaktur Alutsista asal Brasil ini memiliki jarak jangkau maksimal hingga 300 Km.
 Sorce : tniad.mil.id/antaranews.com/batampos.com/pinterest.com/lenterakhatulistiwa.com
(M.ririd)


Share:

5 comments:

Arsip Blog