Never Stop Learn

Kamis, 28 November 2019

AL Australia gelar Latihan Pacific Reach 2019

The Royal Australiaan Navy atau Angkatan Laut Australia baru saja menyelesaikan perhelatan akbar “The tenth iteration of the multilateral submarine search and rescue exercise, Pacific Reach 2019”. Dilangsir dari halaman pacom.mil, latihan berjangka tiga tahunan tersebut digelar di Fleet West Base, Western Australia. Beberapa negara seperti U.S.A, Korea Selatan, Jepang, Malaysia dan Singapura juga turut ambil bagian dalam latihan Pacific Reach yang kesepuluh ini.  Negara-negara sahabat juga turut berpartisipasi dengan mengirimkan observer dari masing-masing negara seperti , Chili, Thailand, China, the United Arab Emirates, Filipina, Indonesia, Selandia Baru dan Vietnam.


 ROKS Lee Sunsin
(www.austrliadefnec.au.com)


Pacific Reach digelar dengan tujuan untuk meningkatkan tingkat interoperabilitas diantara negara-negara peserta latihan lebih khusus lagi apabila terjadi insiden kapal selam di laut. Disarikan dari sumber naval-technology.com, latihan tersebut diselenggarakan selama 12 hari.

Konvoi Kapal Selam ROKS Lee Sunsin, Kapal Perang  JS Chiyoda ASR 404 dan MV Stoker
 (www.cpf.navy.mil)

Dikutip dari sumber defenceconect.com, dalam latihan tersebut disimulasikan beberapa latihan yang melibatkan kapal selam Australia HMAS Sheean (Collins-class submarine), kapal selam Korea Selatan ROKS Lee Sunsin, kapal selam James Fisher Submarine Rescue System LR5 dan beberapa unit penyelamat JS Chiyoda ASR 404 dari The Japan Maritime Self-Defense Force, MV Stoker dan MV Beasant dari Royal Australian Navy dan unit The Pressurised Resque Module (PRM) dari US Navy. Sejenak melihat kebelakang  kegiatan tiga tahunan ini terakhir kali  digelar pada tahun 2016 di Korea Selatan.


Source : pacom.mil/naval-technology.com/defenceconnect.com/news.navy.gov.au
(M.ririd)
Share:

2 comments:

Arsip Blog