Never Stop Learn

Minggu, 21 Mei 2023

Mengapa Infanteri Disebut Sebagai Pasukan Pejalan kaki?

Mengapa Pasukan Infanteri  disebut sebagai pasukan pejalan kaki? Yuk simak uraiannya. Secara etimologi bahasa Infanteri berasal dari kata infanteri yang berarti kaki, biasanya terdiri atas  tentara profesional yang berjalan kaki bersama dengan unit lain seperti satuan kavaleri dan satuan artileri. 
 

Seorang pasukan infanteri moderen dituntut untuk memiliki kemampuan beladiri, menembak pistol dan laras panjang, serta jago perang dalam segala medan dan cuaca.
 
Infanteri telah dikenal sejak peradaban Mesir Kuno, Alexander Agung, Romawi Hingga Persia. Pasukan infanteri pada kala itu bersenjatakan pedang, tombak, pisau dan berbagai peralatan perorangan lainnya seperti tameng baju besi dan helm besi. 
 


Dapat dipastikan dalam setiap peradaban sebuah kerajaan melibatkan pasukan Infanteri. Di era perang Dunia I dan Perang Dunia II kehebatan pasukan infanteri benar-benar terlihat dalam setiap pertempuran.  

Pada era peperangan moderen pasukan infanteri di padukan dengan kendaraan pengangkut personel atau APC yang dapat memobilisasi pasukan dengan cepat, aman dan tepat. Dalam dunia militer istilah ini dikenal dengan julukan infanteri mekanis.    Pasukan diturunkan pada daerah persiapan atau dekat dengan sasaran agar mampu mendobrak pertahanan musuh dengan cepat.

Berkat perannya ini tak heran Infanteri mendapat sebutan The Backbound of the Army
Share:

5 comments:

  1. Benar benar tulang punggung satuan

    BalasHapus
  2. Trimakasih bosku

    BalasHapus
  3. Infanteri lebih ke foot patrol dan di dunia perang modern
    Infanteri juga sebagai pasukan yang mengendalikan Droe

    BalasHapus

Arsip Blog