Never Stop Learn

Minggu, 17 Maret 2019

ZOKA-Acoustic Torpedo Countermeasure untuk Nagapasa class

Perusahaan alutsista asal Turki, Aselsan, untuk pertama kalinya akan melakukan ekspor terpedo jammer dan decoy ke Indonesia.

 www.aselsan.com


 Terpedo jammer dan decoy itu dikenal dengan nama  ZOKA-Acoustic Torpedo Countermeasure. Dikutip dari Janes.com, Zoka akan dipasang pada kapal selam Nagapasha Class milik Angkatan Laut Indonesia.
www.aselsan.com

Zoka merupakan alutsista modern yang sangat penting dalam peperangan modern. Sebagai sistem penangkal serangan torpedo, ZOKA dirancang mampu menangkal serangan torpedo yang beroperasi dalam moda akustisk aktif, pasif atau kombinasi diantara keduanya. ZOKA dalam pola operasinya memancarkan broadband high-level noise untuk mengacaukan rentang frekuensi yang digunakan sistem pemandu akustik pada torpedo lawan. 

BACA JUGA : AL CHINA DAN AL PAKISTAN GELAR LATIHAN BERSAMA

 www.milscint.com

Dengan noise yang dihasilkan ZOKA, mampu ‘menutupi’ kebisingan yang mungkin ditimbulkan oleh kapal selam.

 www.aselsan.com
ZOKA lebih jauh dapat meniru karakter akustik dan beragam karakter dinamis yang mampu menyesatkan torpedo lawan. Sementara peran decoy pada ZOKA adalah menghasilkan suara kapal dan menanggapi pancaran aktif akustik torpedo. ZOKA selama ini telah digunakan oleh armada kapal selam AL Turki.





Source : Aselsan.com/janes.com/milscint.com
author/translator:ririd_pahlawi/IG
Share:

2 comments:

Arsip Blog