Never Stop Learn

Jumat, 01 Maret 2019

Spesifikasi VAB MK 3 Panser Canggih Gesit & Irit Made in Prancis

Selamat pagi sob, kali ini kita akan membahas kendaraan tempur perancis VAB MK3 yang ikut dipamerkan  dalam IDEX tahun 2019 di Abu Dhabi UEA.



VAB MK 3 adalah kendaraan terbaru varian VAB 6x6 yang dikembangkan oleh Renault Trucks Defence Perancis, dengan system proteksi tingkat tinggi dan berkempampuan multi-mission.
 
 Kendaraan tempur VAB MK 3 merupakan varian terbaru dari keluarga VAB yang telah 30 tahun berpengalaman dalam  berbagai misi tempur. VAB MK 3 juga turut serta dalam IDEX 2019 di Abu Dhabi.

BACA JUGA : PAKISTAN RESMIKAN KAPAS SURVEI BUATAN TIONGKOK
www.janes.com
VAB MK 3 memiliki beberapa variant, yaitu : Armoured Personal Carrier (APC), Infantry Combat Vehicle (ICV), Command Post (CP), Ambulance, 120 mm Mortar Carrier dan ISTAR (Intelligence,suveillanceand targeting). VAB MK 3 memiliki kemampuan amfibi.

BACA JUGA :TURKI SUKSES TEMBAKKAN RUDAL ATMACA

www.army-technology.com

BACA JUGA : FRIGATE IVAR HUITFELDT

Desain MK3 sebagai kendaraan tempur tergolong ringkas, karena mampu diangkut menggunakan pesawat C-130 Hercules. Panjang VAB MK3 7,3 meter, lebar 2,65 meter, tinggi 2,5 meter dan wheel base 1.4 meter.  Berat tempur VAB MK 3 yaitu 20 ton dengan volume  kompartemen 13 m3, sedangkan untuk versi amphibi berat empur 18,2 ton.

www.army-technology.com
VAB MK 3 dioperasikan oleh 2 personil di bagian depan. Untuk versi APC, VAB MK 3 mampu mengangkut 10 personil di kompartemen pasukan, Versi ICV mampu mengangkut  7 pasukan, Versi Mortar Carrier mampu mengangkut 2 pasukan, Versi Ambulance mampu mengangkut 2 tenaga medis dan 4 pasien,sedangkan versi Command Post diaawaki oleh 3 operator workstation, satu komandan station lengkap dengan peralatan Battalion-level battle management system dan radio HF/VHF/UHF radio set.

BACA JUGA : HMAS SIRIUS DAN HMAS STUART KUNJUNGI MALAYSIA
 
www.janes.com
VAB MK 3 dilengkapi dengan berbagai perlengkapan tempur seperti parimeter surveillance system, rear camera, long-range camera for day and night surveillance, GPS, intercom, gunshot acoustic detector, 300 A altenator, dan air conditioner/heater.

BACA JUGA : HMAS WARRAMUNGA 152 MILIK AUSTRALIAN NAVY

www.army-technology.com
VAB MK 3 dipersenjatai dengan senapan mesin berat caliber 12,7 mm manual atau RCWS. Versi ICV dipersenjatai dengan turret COckerill CPWS 20-25/Nexter ARX 20 atau Bae system TRT-25/30 tactical remoteturret. Versi MortarCarrier dipersenjatai dengan TDA 2R2M dengan 40 butir amunisi.
VAB MK3 telah dilengkapi dengan proteksi level 4 NATO atau STANAG 4569 dan proteksi dari ranjau darat pada level MRAP.

BACA JUGA : KOREA SELATAN PESAN 4 PATROL KILLER SHIP
 


Pada opsi tertentu VAB MK III dapat dipasangi system perlengkapan NBC (nuklir,biologi,kimia), anti serangan RPG, RCIED jammer, system deteksi laser dan  perlengkapan APAR.

BACA JUGA : VL MICA DI KRI REM


www.army-technology.com

VAB MK 3 digerakkan dengan menggunakan mesin Reanault 6 silinder MD7,dengan system suspensi independen yang dapat meredam getaran dengan baik saat melewati medan terjal dan berat.
VAB MK 3 dapat mencapai kecepatan maksimal 100km/jam dengan jarak jelajah maksimal 800 km.Selain itu kendaraan ini mampu melibas kemiringan 400 dan tanjakan 600, melintasi parit 0,9 meter dan melewati obstacle maksimal 0,5 meter.



 BACA JUGA :UCAV CH-4 RAINBOW MENGUDARA DI JAKARTA


Dengan berbagai kemampuan diatas berbagai varian VAB MK 3 telah menjadi pilihan banyak Negara-negara didunia sebagai kendaraan tempur.




Source : Army-technology.com/janes.com/army-recognition.com
Aouthor/translator: ririd_pahlawi/IG




Share:

1 comments:

Arsip Blog