Never Stop Learn

Kamis, 23 Januari 2020

KRI ALUGORO, KAPAL SELAM PERTAMA BUATAN ANAK BANGSA SEKALIGUS PERTAMA DI ASIA TENGGARA

Didapuk sebagai negara kepulauan terbesar di dunia Indonesia terus berusaha meningkatkan kapasitasnya dalam bidang pertahanan. Tidak mudah menjaga luas wilayah NKRI yang mayoritas adalah perairan. Dibutuhkan alutsista yang besar dan tentu saja anggaran yang besar untuk menjaga seluruh perairan Indonesia. Lewat berbagai program pemerintah berusaha memenuhi kebutuhan alutsista secara mandiri. Salah satu diantaranya yaitu kapal selam. Yah, kita patut berbangga, dilangsir dari halaman instagram PT PAL (20/1/2020) BUMN kebanggaan bangsa ini baru saja berhasil melaksanakan uji nominal diving dept KRI ALUGORO hingga menembus kedalaman 250 meter di wilayah perairan utara Pulau Bali. Sebuah pencapaian yang luar biasa dalam tahap Sea Acceptance Test (SAT).


KRI ALUGORO 405
(www.nawacitapost.com)

BACA JUGA : KAPAL SELAM BUATAN DALAM NEGERI

KRI ALUGORO pertama kali diluncurkan pada Kamis (14/4/2019) di Dermaga Fasilitas Kapal Selam PT PAL (Persero) Surabaya. Kapal selam pertama  buatan lokal pertama di Asia Tenggara ini merupakan tipe  U209 Diesel Electric Submarine / 1400 atau  KSDE U209 Chang Bogo Class yang dipesan TNI Angkatan Laut berkolaborasi antara  PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co., Ltd (DSME) Korea Selatan, dalam skema transfer teknologi. 


 (www.indonesiabaik.id)

Alutsista berjulukkan “the silent warrior” ini memiliki spesifikasi panjang 61,3 meter dengan kecepatan maksimal saat menyelam adalah 21 knot dan 12 knot pada permukaan. Menurut jadwal Kapal Selam KRI Alugoro akan diserahkan kepada Kementerian Pertahanan untuk digunakan TNI AL pada Desember 2020.


Source : janes.com/pal.co.id/nawacitapost.com
(M.ri2d)


Share:

3 comments:

Arsip Blog