Never Stop Learn

Kamis, 02 Januari 2020

Cina serahkan kapal perang Keris class pesanan Malaysia

Keamanan pelayaran bagi negara yang memiliki wilayah laut merupakan prioritas. Banyak tipe dan varian dari berbagai kapal patroli yang telah dibuat galangan kapal di dunia untuk menjawab tantangan keamanan tersebut. Salah satu tipe yang banyak digemari yaitu kapal Littoral Mission Ships (LMSs). Dilangsir dari Janes.com (Rabu, 31 Desember 2019) Galangan Kapal asal China telah menyerahkan Kapal Perang “KERIS” class milik angkatan laut Malaysia atau Royal Malaysian Navy (RMN) di fasilitas milik Galangan Kapal Wuchang Shipbuilding di Qidong dekat kota Shanghai, Cina.

KERIS class (111) di Wuchang Shipbuilding
(www.benarnews.com)



KERIS class merupakan kapal perang pertama dari empat kapal perang yang dipesan AL Malaysia. Dua kapal dibuat di Cina sementara dua kapal selanjutnya akan dibuat di Malaysia melalui galangan kapal nasional Malaysia's Boustead Naval Shipyard (BNS) dengan lisensi dari China Shipbuilding & Offshore International Corporation (CSOC).

Tim official dari China dan Malaysia dalam penyerahan KERIS Class di Wuchang, Cina.
(www.benarnews.com)


Kapal Perang KERIS class dengan nomor lambung 111, sejatinya telah diluncurkanpada tanggal 15 April 2019. Kapal perang kedua dari kelas ini yaitu SUNDANG class dengan nomor lambung 112 telah diluncurkan pada tanggal 12 Juli 2019 dan akan diserahkan kepada AL Malaysia pada April 2020.

Secara umum, KERIS class memiliki bobot 700 ton, panjang keseluruhan 68,8 meter dan lebar 9 meter serta draf 2.8 meter. Kapal ini juga mampu mencapai kecepatan maksimal 22 knot dan daya jelajah 2.000 Nautical Miles.

Source : Janes.com
(M.ri2d)

Share:

3 comments:

Arsip Blog