Never Stop Learn

Jumat, 17 Januari 2020

Nanchang 101 Destroyer terbaru milik Tiongkok

Perlombaan modernisasi alutsista di belahan bumi asia semakin kompetitif. Negeri Tirai Bambu baru saja meresmikan kapal perang tipe destroyer terbaru. Dilangsir dari Naval News, Angkatan Laut China atau  People’s Liberation Army Navy (PLA-Navy) menggelar upacara peresmian kapal perang tipe Type 055 guided-missile destroyer pada Minggu, 12 Januari 2019 di Pelabuhan Qingdao Provinsi Shandong, China.



 Kapal yang diberi nama Nanchang dengan nomor lambung 101 ini, merupakan kapal destroyer terbesar di Asia Timur. Sejatinya kapal ini  telah diluncurkan pada tahun 2017 di shanghai dan mulai melaksanakan sea-trial pada akhir 2018.



  Nanchang dibuat oleh galangan kapal dalam negeri Jiangnan  Shipyard di Shanghai. Didapuk sebagai kapal destroyer, kapal ini memiliki berat 10.000 ton dan memiliki kemampuan new air defense, anti-missile, anti-ship dan anti-submarine weapons. Dikutip dari Asia Times, kapal ini memiliki panjang 180 meter dan  lebar 20 meter. Nanchang 101 dilengkapi dengan 112 vertical-launch missile yang mampu menembakkan rudal surface-to-air, land-attack dan rudal anti-ship .

Source : thediplomat.com/navalnews.net/janes.com/asiatimes.com

Share:

5 comments:

Arsip Blog