Never Stop Learn

Rabu, 09 Oktober 2019

Pengertian Leksikogramatika (STEP-7)


Leksikogramatika, Kelompok kata dan klausa



Leksiko gramatika yaitu, leksis atau kata-kata dalam susunan dengan segala akibat maknanya. Pada kerangka diversifikasi metafungsional, leksikogramatikal memiliki peran untuk mengungkap makna ideasional, makna interpersonal dan makna tekstual pada teks.


-Makna ideasional adalah makna yang tercipta sebagai hasil dari realisasi unsur-unsur leksikogramatikal yang digunakan untuk memahami alam sekitar dan untuk mengorganisasikan pengalaman penutur atau penulis tentang dunia nyata atau rekaan.  Pada lingkup makna ideasional, klausa merupakan leksikogramatikal yang digunakan untuk membangun pengetahuan dengan memilih jenis proses pada klausa tersebut. Proses tersebut terdiri dari : 

1.    Proses material adalah proses kerja yang menunjukkan perbuatan (process of doing) atau peristiwa seperti membaca, memukul, menendang.

2.    Proses mental adalah process of sensing, yaitu proses yang menerangkan persepsi seperti melihat, mendengar, suka, khawatir, membayangkan, menganggap dll. Proses mental melibatakan indera dan fenomena.

3.    Proses relasional adalah proses pf being yatiu proses kerja yang menunjukkan hubungan intensitas, sirkumtasi dan milik. Misalka : dina rajin belajar, dapat didefinisikan dina memiliki sifat rajin.

4.    Prose verbal adala hprosses yang menunjukkan pemberitahuan atau pewartaan misalkan, memberitahukan, mengatakan dan menyatakan.

5.    Proses Perilaku adalah proses yang menunjukkan perilaku baik fisik maupun psikis. Missal menertawakan, memuji, mencela, mencemooh dan mentertawakan.

6.    Proses eksistensial adalah proses yang menunjukkan keberadaaan sesuatu misalkan, ada dan terdapat. (ada perguruan tinggi negeri di solo).

-Makna Interpersonal adalah makna yang tercipta sebagai hasil dari realisasi unsur-unsur leksikogramatikal yang digunakan untuk melakukan aksi terhadap orang lain.

-Makna tekstual adalah makna sebagai hasil dari realisasi unsur-unsur leksikogramatikal yang menjadi media terwujudnya sebuah teks, tulis atau lisan yang runtut dan yang sesuai dengan situasi tertentu pada saat bahasa itu dipakai dengan struktur yang bersifat periodik.

 

 

1.

Share:

6 comments:

Arsip Blog