Never Stop Learn

Jumat, 18 Oktober 2019

Mock up pesawat Tempur KF-X di ADEX 2019

Korea Aerospace Industries (KAI) memampilkan mockup dan cockpit pesawat tempur KF-X fighter di pameran alutsista ADEX 2019 di Seol Korea Selatan. Dikutip dari Janes.com KF-X ini memiliki berat take off 25,6 ton dan 7.7 ton playload. KF-X mampu menjangkau jarak 2.900 km atau 1.550 NM. 


 www.wikiwand.com

Dari segi persenjataan KF-X akan dilengkapi dengan 10 weapons-carrying stations dan misil terbaru Diehl IRIS-T dan  MBDA Meteor air-to-air missiles. Selain itu terdapat opsi persenjataan lain yakni M16 Vulcan cannon yang bisa ditempatkan di sisi kiri depan.

BACA JUGA :  EXOCET MM 30 BLOK 3 RI



 www.flightglobal.com
Dalam display cocpit KF-X sekilas mirip dengan F-35, dengan 8x20-inch touchscreen main display dan  panel kontrol lain. Dikutip dari ainonline.com, 60 persen dari proyek ini akan diproduksi dari komponen lokal yaitu perusahaan  Hanwha Defence yang mana akan memproduksi General Electric F414 turbofan, lading gear, control actuators dan komponen lainnya. Sementara LIGNex1 akan memproduksi komponenperangkat  (ESM)  electronic countermeasures, head-up display, dan radio systems.

BACA JUGA : CH4 UAV SIAP TAMPIL DI LANGIT NUSANTARA

www.ainonline.om

Perusahaan Hanwha juga mengembangkan  perangkat dengan lisensi luar  seperti own infrared search and track system dan  1,088-TRM (transmit-receive module) AESA radar dengan jangkauan  110-km. Menurut jadwal KAI factory di Sacheon akan menunjukkan prototype KF-X pada pertengahan  2021, uji terbang pada tahun 2022 dan  produksi pada tahun 2026. 

 www.fighterjets.com
Proyek ini sekaligus menjadi angin segar bagi dunia pertahanan di tanah air. Sejatinya KF-X dan IF-X merupakan kerjasama antara pemerintah Korea Selatan dengan Indonesia dalam dunia penerbangan.Semoga IFX bisa berhasil dikembangkan Indonesia. Salam Garuda.

author : masririd 
Source : Janes.com/fighterjets.com/ainonline.com/flightglobal.com/wikiwnad.com
Share:

4 comments:

  1. alhamdulillah Indonesia pasti bisa IF-X jet tempurrrrrrr

    BalasHapus
  2. Tdk sabar menunggu prtotype IF-X

    BalasHapus
  3. Swmoga ifx segera diwujudkan. Tidak sabar menanti

    BalasHapus

Arsip Blog