Never Stop Learn

Sabtu, 12 Januari 2019

INDONESIA pertimbangkan pengadaan 3 Kapal Selam 209 class dengan DSME

Dikutip dari janes.com Kemhan dan PT PAL beserta Daewoo Shipbuilding and Marine Enginering telah mengadakan perundingan terkait dengan kelanjutan kontrak pengadaan Kapal selam 209 class. Langkah tersebut diambil  tentu telah melewati berbagai pertimbangan. 

BACA JUGA : KRI TELUK LADA 521


 www.hobbymiliter.com

Apabila kontrak tersebut dapat teralisasikan maka perkiraan nilai kontrak berkisar 1,2 milyar USD. Termasuk didalamnya pelatihan dan dukungan bagi pengawak. Rencananya kapal selam ini satu akan dibuat di Korea Selatan dan Dua Kapal selam akan dibuat di PT PAL.

 www.jawapos.com

Kapal selam class 209 atau Nagapasha class memiliki kemampuan tempur yang baik.
Kapal selam ini memiliki panjang 61,3 meter dengan kecepatan ± 21 knot di bawah air. Nagapasa class juga mampu berlayar lebih dari 50 hari dan menampung 40 kru untuk menunjang fungsi. Kapal selam ini dipersenjatai torpedo dengan fasilitas delapan buah tabung peluncur

BACA JUGA : BMP 3F TANK AMFIBI CANGGIH


 www.beritadeco.com


 Kapal selam DSME209 produksi Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Co Ltd juga  ini dilengkapi sistem persenjataan terkini dengan peluncur torpedo yang mampu meluncurkan torpedo 533 mm dan peluru kendali anti kapal permukaan. Bahkan bisa dipersenjatai dengan terpedo black shark buatan Italia.


 www.globalnews.com

Berikut ini beberapa video kehandalan capal selam 209 class







Source : janes.com/kompas.com

Authors/translator:ririd_pahlawi/instagram

RI Nagapasa 403 juga mampu berlayar lebih dari 50 hari dan menampung 40 kru untuk menunjang fungsi. Kapal selam ini dipersenjatai torpedo dengan fasilitas delapan buah tabung peluncur. (Baca: KRI Nagapasa 403 Tiba Setelah Berlayar 16 Hari dari Korsel) Kapal selam DSME209 produksi Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Co Ltd ini dilengkapi sistem persenjataan terkini dengan peluncur torpedo yang mampu meluncurkan torpedo 533 mm dan peluru kendali anti kapal permukaa. Bahkan saat pameran industri pertahanan, Minggu (13/8/2017), Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Laksamana Madya Widodo mengungkapkan bahwa kapal selam Nagapasa 403 akan dilengkapi dengan torpedo "Black Shark" buatan Italia. KRI Nagapasa 403 adalah kapal selam pertama yang diterima Indonesia dari tiga kapal selam yang dipesan. Menurut rencana, dua kapal dibuat di pabrik DSME, sedangkan satu kapal terakhir dibuat di Indonesia (PT PAL) sehingga diharapkan terjadi transfer teknologi. Pembuatan kapal selam ketiga di PT PAL juga dapat disebut sebagai produksi bersama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Kehebatan Kapal Selam Baru KRI Nagapasa 403 Milik TNI AL", https://nasional.kompas.com/read/2017/08/28/20422671/ini-kehebatan-kapal-selam-baru-kri-nagapasa-403-milik-tni-al.
Penulis : Kristian Erdianto
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog