Never Stop Learn

Kamis, 24 Agustus 2023

10 Tips Mudah Lolos Tes CPNS 2023

Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah salah satu profesi favorit bagi masyarakat Indonesia. Setiap tahun peminat tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selalu meningkat. 


Berikut 10 tips lolos tes CPNS 2023.

 

1.    Pertama Siapkan Mental dan Fisik.

Siapakan kondisi kesehatan fisik dan mentalmu. Pastikan kamu dalam kondisi yang fit dan siap menjalani serangkaian tes CPNS. Siapkan kondisi mentalmu untuk berkompetisi.

 

2.    Mintalah doa dari kedua Ortu.

Jalan panjangmu bisa dimudahkan oleh doa kedua orang tua. Takdir terbaik kamu siap menerima.

 

3.    Atur jadwal belajar.

Rajin berlatih mengerjakan soal-soal dari modul, internet, pembahasan di youtube dan sharing dengan para senior yang pernah melalui tes tersebut.

 

4.    Ikut pelatihan atau seminar yang membahas tips and trick lolos tes CPNS.

 

5.    Persiapkan syarat administrasi yang di perlukan seperti ijazah, KTP, SKCK, Akte Kelahiran dan lain-lain.

 

6.    Perhatikan standar nilai kelulusan yang diperlukan untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Usahakan dari awal latihan kamu bisa memenuhi standar tersebut.

 

7.    Jangan Ngoyo Berlatih

Gunakan metode latihan rutin dan berkesinambungan, misalkan kamu menyisihkan satu jam perhari untuk berlatih. Lakukan secara continue tiga bulan atau empat bulan sebelum pelaksanaan.

 

8.    Bangun habbit bangun pagi.

Siapkan dirimu dengan terbiasa bangun pagi, kalau bisa sebelum adzan subuh kamu sudah bangun. Dengan terbiasa membangun habit ini, mentalmu akan lebih kuat dan kamu bisa menyusun rencana dengan lebih baik.

 

9.    Biasakan berlatih tepat waktu dan mengenali kelemahanmu.

Untuk menjadi tepat waktu kamu perlu berlatih, dan mengulangi terus menerus. Termasuk dalam mengerjakan soal pastikan kamu mampu mengatur waktu dalam mengerjakan soal SKD dan SKB dengan tepat.

 

10. Ketahui dimana lokasi kamu melaksanakan tes dan dimana kamu akan tinggal.

Apabila tes diluar kota, usahakan kamu menginap di tempat yang terdekat dengan lokasi tes. Kamu bisa menginap di rumah temanmu atau menginap di wisma atau hotel. Hal ini agar kamu lebih tenang dan rileks, tidak perlu terburu-buru serta memikirkan hal-hal diluar kendali seperti kemacetan atau pun kecelakaan yang mungkin terjadi sebelum tes.

Share:

2 comments:

Arsip Blog