Never Stop Learn

Jumat, 11 Agustus 2023

7 Fakta Unik Panser Type 16 Maneuver Combat Vehicle

Siapa Sangka Angkatan Darat Jepang atau Japan Ground Self Defence Force(JGSDF) memiliki kendaraan empur panser beroda 8x8. Yap, ranpur ini adalah Type 16 Maneuver Combat Vehicle (MCV). 

 


Berikut faktanya:

1.    Sejarah Singkat

Type 16 MCV mulai dikembangkan pada tahun 2007 oleh Technical Research & Develeopment Institute (TRDI). Ranpur ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan AD Jepang akan kendaraan tempur ringan yang bisa dimasukkan kedalam pesawat angkut kawasaki C-2 transport air craft. Tahun 2015 Type 16 MCV mulai diproduksi oleh Mitsubishi Heavy Industries.

armouredwarfare
 

2.    Dimensi

Didapuk sebagai panser dengan kemampuan super tank, Type 16 MCV memiliki dimensi sebagai berikut:

Panjang: 9.97 meter

Berat:62.3 ton

Lebar: 3.75 meter

Tinggi: 3 meter

 

3.    Sistem Persenjataan

Senjata utama dari Leopard Type 16 MCV adalah meriam kaliber 105 mm L/52 yang dikembangkan secara mandiri oleh produsen dalam negeri Japan Steel Works. Secondary weapon ranpur ini menggunakan senapan mesin 12.7 mm M2 Browning machine gun.


4.    Sistem Penggerak

Type 16 MCV ditenagai oleh mesin diesel 4 cylinder water-cooled turbocharged diesel engine 11.3 liter 570 HP (430kw). Dengan mesin bertenaga super, ranpur ini mampu melaju hingga kecepatan 100 km per jam di jalan raya, 65 km per jam di jalan semi offroad, 10-35 km per jam di jalan offroad

 

5.    Crew

Type 16 MCV (Main Combat Vehicle) dapat diawaki oleh 4 personel yang berperan sebagai komandan, driver, loader dan penembak meriam.

vpk.name
 

6.    Serba-Serbi

Panser Type 16 MCV di desain untuk menghadapi pertempuran modern, perang kota (urban warfare), misi pengintaian dan bantuan tembakan pasukan infanteri terhadap perkubuan musuh, pill box, dan tank medium lawan. Type 16 MCV juga mudah dimobilisasi dengan pesawat angkut/transpoter. Kondisi jepang yang berupa kepulauan, menuntut para insinyur militer mengembangkan panser pemukul berdaya gebuk tinggi namun ringan, cepat dan mudah di geser ke target.

weaponsystems.net
 

7.    Operator

Tercatat beberapa resimen kavaleri Japan Ground Self-Defence Force (JGSDF) mengoperasikan panser ini, diantaranya:

10th Rapid Develepment Regiment

3rd Rapid Develepment Regiment

22nd Rapid Develepment Regiment

1st Recconnaissance Combat Battalion

15th Rapid Develepment Regiment

4th Recconnaissance Combat Battalion

4th Recconnaissance Combat Battalion

42nd Rapid Develepment Regiment

Armoured (advanced) Trainning Unit

 

 

Share:

1 comments:

Arsip Blog