Never Stop Learn

Minggu, 13 Agustus 2023

5 Tips Sukses Berlari Gembira, Tubuh Jadi Sehat dan Kuat

Halo sobat kamu baru mulai olahraga lari??. Wah beruntung banget sob, lari merupakan basic dari semua olahraga ya. Lari memiliki segudang manfaat bagi tubuh. 

 

Berikut beberapa hakl yang perlu kamu perhatikan ketika ingin memulai olahraga lari:

1.    Speed atau kecepatan bukanlah segalanya.

Untuk mulai berlari, mulailah dengan berlari secara perlahan dan lakukan dengan berhati-hati. Mulailah dengan lari mulai secara bertahap, mulai dari 15 menit, 30 menit hingga 60 menit. Lakukan easy run atau jogging, jangan terburu-buru ingin berlari secara cepat. Sesuaikan dengan kondisi tubuhmu.

2.    Hindari menggunakan apparel yang tidak sesuai fungsi.

Gunakanlah pakaian yang nyaman, menyerap keringat dan cepat melepas panas tubuh seperti jenis dry fit. Selanjutnya pilih juga sepatu yang sesuai untuk digunakan agar tidak cidera. Mengikat tali sepatu jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendor. Pilih size sepatu dengan pertimbangan ada space didepan ujung kaki kita. Misalkan ukuran kaki pas 42 maka gunakan sepatu size 43 untuk memberikan space bagi kakimu.

3.    Relax saat berlari.

Jangan tegang saat berlari, karena hal ini akan mempercepat kamu letih. Tanamkanlah dalam mindset bahwa olahraga lari adalah untuk bergembira dan memperoleh kesehatan, jadi jangan memaksakan diri.

4.    Lakukan secara rutin.

Kamu tidak perlu berlari berjam-jam dalam sehari, namun lakukanlah secara rutin setiap hari untuk membangun endurance.

5.    Berikan Nutrisi yang baik bagi tubuhmu.

Memberikan nutrisi yang sehat bagi tubuh akan membantu kesehatan dan menunjang oto-otot tubuhmu untuk bergerak lebih baik.

 




Share:

1 comments:

Arsip Blog