Never Stop Learn

Selasa, 17 Januari 2023

Artileri Swagerak AS90 Vickers

Dalam perang modern artileri swagerak sangat  dibutuhkan dalam mendukung operasi tempur. Dengan kecepatan berpindah tempat efektifitas penembakan artileri swagerak menjadi andalan bagi unit tempur dalam menghancurkan perkubuan musuh.

weaponsystem

BACA JUGA : PUNA MALE, DRONE CANGGIH BUATAN INDONESIA

Menilik dari sejarahnya artileri swagerak merupakan ancaman bagi lawan dan sahabat bagi kawan. Musuh bisa dibuat kalang kabut dengan daya gempur dan ledakan yang ditimbulkan dari muntahan peluru artileri swagerak. Gerak maju pasukan infanteri yang didukung tembakan artileri mampu membantu menaikkan moral prajurit, serta merupakan bentuk tekanan terhadap musuh dalam meredam senapan mesin yang bisa mengancam setiap prajurit infanteri.

weaponsystem
BACA JUGA : MENGUPAS KEGAHARAN ARTILERI ROKET MLRS ASTROS

Salah satu artileri swagerak yang cukup popular didunia yaitu AS90 self-propelled howitzer (SPH). Artileri swa gerak ini mulai digunakan oleh Angkatan darat Inggris (British Army) sejak tahun 1993.  SPH ini menggunakan howitzer kaliber 155 mm sebagai main gun. Sementara untuk mengantisipasi sasaran kecil dan sabotase lawan SPH AS90 dibekali senapan mesin ringan kaliber 7,62 mm.

National Army Museum

BACA JUGA: TANK VT-5 BUATAN TIONGKOK PESAING TANK HARIMAU PINDAD

SPH AS90 dioperasikan oleh 5 personel yang berperan sebagai, komandan, penembak howitzer, pengemudi, pengisi amunisi dan penembak senapan mesin ringan. Untuk menggerakan SPH AS90  yang berbobot 45 ton perusahaan Alutsista “Vickers” menggunakan mesin Cummins VTA-903-T-660   yang mampu menghasilkan 660 horse power (daya kuda) dan kecepatan 55 km/jam di medan ringan.

Share:

2 comments:

Arsip Blog