Never Stop Learn

Sabtu, 28 Januari 2023

2S4 Tyulpan mortar terbesar di dunia

Kehadiran Unit Artileri dalam operasi militer sangat diperlukan. Terlebih bagi pasukan infanteri, bantuan tembakan vertikal dari unit artileri sangat membantu dalam menghancurkan perkubuan lawan. 

Alut yang mudah dimobilisasi dan cepat untuk digunakan adalah mortar. Berbagai variasi dan kaliber amunisi diciptakan oleh para ilmuwan untuk memenuhi kebutuhan pasukan tempur. Tak lupa para ahli dari negeri Paman Putin turut menciptakan mortar berbagai varian, salah satu mortar andalan Negeri Beruang Merah yaitu Mortar 2S4 Tyulpan. Perusahaan Uraltransmash mengembangkan dan memproduksi alut ini pada tahun 1969-1988.
Dilangsir dari rbth, Mortar ini telah dioperasikan oleh pasukan Uni Soviet pada Perang Rusia Afganistan. Meskipun tergolong alut lama, namun daya gempur dan efektifitas mortar ini patut mendapat acungan jempol. 2S4 Tyulpan tergolong heavy mortar sehingga perlu menggunakan platform kendaraan SA4 Ganef 2K1  untuk mengangkutnya. Mesin penggerak dari platform ini yaitu V-59 V12 diesel engine, sehingga mampu menghasilkan 520 horse power. Kecepatan maksimum 60 km/jam. Pada tahun 2015 tercatat Rusia masih memiliki 430 mortar tulipan.
Mortar 2S4 Tyulpan atau dikenal Mortar Tulip merupakan mortar terbesar didunia, dengan kaliber amunisi 240 mm. Alut ini dapat dioperasikan oleh 4 personel. Untuk menambah kenyamanan prajurit tempurnya, Uraltransmash menambahkan peredam kejut Torsionbar suspension yang empuk dan nyaman dalam medan berat.
Share:

1 comments:

  1. Kos-mosan triplek kamu bisa rata ketiban...misil ini

    BalasHapus

Arsip Blog