Never Stop Learn

Sabtu, 28 Januari 2023

Kehebatan Tank Tempur Utama M1A2 Abrams

Main Battle Tank (MBT)  M1A2 Abrams merupakan tank tempur andalan Amerika Serikat. Tank ini merupakan hasil pengembangan dari para ilmuwan U.S.A. sejak tahun 1980.
Tank M1A2 Abrams, memiliki dimensi hull length 7.92 meter dan lebar 3.66 meter. Alutsista made in General Dynamic Lands System ini dioperasikan oleh 4 orang crew. Terdiri dari komandan, driver, juru radio dan penembak meriam.
Didapuk sebagai MBT, tank ini dipersenjatai dengan meriam utama kaliber 100 mm dan senapan mesin kaliber 7.62 mm. 
Mengusung nama besar Jenderal Creighton Abrams petinggi militer US Army pada perang Vietnam1968-1972. MBT M1A2 Abrams telah ikut terjun dalam berbagai pertempuran seperti Perang Irak, Perang Afganistan dan Perang di Suriah. 

"Tiada Gading yang tak retak" pepatah mengatakan, dalam palagan antara gerilyawan Houti VS Arab Saudi, MBT M1A2 Abrams harus meminum jamu pahit dari anti tank buatan Iran yakni ATGM Towsan atau sering disebut sebagai 9M113 Konkurs versi Rusia. Tank Abrams luluh lantak setelah menerima hadiah serangan dadakan dari gerilyawan Houti.
Jargon "Man Behind The Gun" memang bukan ungkapan kosong belaka, terbukti pasukan infanteri khusus yang dilengkapi persenjataan yang mumpuni mampu melumpuhkan salah satu unit kavaleri terbaik di dunia.
Share:

4 comments:

Arsip Blog