Never Stop Learn

Jumat, 20 Januari 2023

Aksi Drone Tempur BYRAKTAR TB 2

Kecanggihan alutsista merupakan salah satu unsur penentu kemenangan. Dari berbagai jenis senjata drone merupakan salah satu momok bagi pasukan lawan. Seperti pada perang Rusia vs Ukraina atau Armenia vs Azerbaijan, drone  atau Unmaned Air Vichecle (UAV) memiliki debut yang cemerlang setelah berhasil melumpuhkan berbagai kendaraan lapis baja seperti tank, truck, Armored Personal Carrier (APC).


BACA JUGA: "PUNA MALE" DRONE CANGGIH KARYA ANAK BANGSA

        Pada masa Perang Dunia II satuan Kavaleri dan satuan artileri merupakan andalan sekaligus ujung tombak serbuan dalam pertempuran. Namun di era modern drone mampu melumpuhkan satuan kavaleri dengan cepat, tepat dan senyap.

anadoluagency

BACA JUGA: TRUCK TEMPUR MULTIGUNA URAL 4320

Dalam palagan Armenia vs Azerbaijan melalui video-video yang beredar di social media, tampak tank dan artileri menjadi bulan-bulanan drone tempur Byraktar Turki.

militaryporn

BACA JUGA: INDIA TERIMA INSTALASI S400 AIR DEFENCE FROM RUSSIA

          Drone Byraktar Turki sendiri merupakan alutsista buatan Byrakar Makina Turki yang memiliki dimensi Panjang badan 6,5 meter, sayap 12 meter dan mampu terbang hingga ketinggian 25.000 kaki.

 

turkishdefence

 Disarikan dari turkishdefence, Bayraktar TB2 mampu mencapai kecepatan maksimum sampai dengan 250 km perjam dan kecepatan jelajah 130 km per jam. Byraktar TB 2 juga mampu di geber  sampai dengan 27 jam.  

         

 Aksi pengintaian drone Byraktar TB2 di medan tempur Nagorno Karabarkh (softrep)
     

 

BACA JUGA: POHANG CLASS PATROL COMBAT CORVETTE

Debut drone Byraktar TB 2 dimulai pada front konflik antara Ajerbaizan dan Armenia, dimana satuan kavaleri dan artileri medan menjadi bulan-bulanan drone buatan Turki. Satuan pengangkut infanteri yang menggunakan kendaraan Armored Personal Carrier (APC) dan truck logistic tak luput dari gempuran Byraktar TB2, belum sempat mencapai garis depan, pasukan infateri Armenia harus menelan pil pahit di beri hadiah rudal dari Byraktar TB2.

Konvoi ranpur dan truck pasukan Armenian Army dilihat dari Byraktar TB2 (TRT world)


BACA JUGA: 8 METODE PENERJEMAHAN 


Efektifitas Byraktar TB2 dalam pertempuran tsb sempat diragukan kalangan pengamat militer barat  namun setelah melihat pertempuran yang didukung oleh Byraktar TB2 menuai hasil yang signifikan, para produsen drone dan pengamat militer mulai memberi acungan jempol bagi produsen Byraktar TB2.

Peta Nagorno Karabarkh (TRT World)

BACA JUGA: SCAN EAGLE PERKUAT INDONESIA


 Terlepas dari konflik yang terjadi, perkembangan teknologi Alutsista mempengaruhi kemenangan dalam suatu pertempuran.

Serangan Byraktar TB 2 pada baterai Artileri Medan milik Armenian Amry (TRT World)


Author: masririd


Share:

4 comments:

  1. perang nagorno karabakh...telah merubah paradigma berpikir para ilmuwan perang.

    BalasHapus
  2. Go NKRI ...

    BalasHapus
  3. dari atas musuh terlihat jelas..

    BalasHapus

Arsip Blog