Never Stop Learn

Kamis, 06 Februari 2020

Singapura resmikan 3 kapal perang baru kelas Littoral Mission Vessel.

Marsec (Maritime Security) atau keamanan maritim merupakan hal penting bagi Singapura. Mengingat laut merupakan unsur pokok dalam perniaagaan Singapura. Berbagai upaya dilakukan untuk mengamankan jalur pelayaran Singapura. Seperti dilangsir dari Naval News (1/2/2020), Singapore Navy (RSN) atau AL singapura baru saja meresmikan 3 kapal perang baru dari kelas littoral mission vessel (LMV). Ketiga kapal tersebut yaitu, RSS Fortitude, RSS Dauntless dan RSS Fearless. Peresmian ketiga kapal perang tersebut dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2020 di pangkalan milik RSN yakni Tuas Naval Base. 


Delapan kapal perang LMV class sandar di dermaga Tuas Naval Base
 (www.navalnews.net)

Dikutip dari Janes, ketiga kapal perang tersebut akan menggantikan kapal perang dari kelas Fearless-class yang mana telah  menjaga wilayah laut Singapura selama 20 tahun. LMV akan menjaga keamanan wilayah laut singapura dari ancaman perompakan, pembajakan dan aksi  terorisme.Ketiga kapal tersebut akan melengkapi 5 kapal perang LMV yang lebih dulu masuk kejajaran RSN.
LMV Project merupakan hasil pengembangan galangan dalam negeri  Singapore Technologies Engineering atau (ST Engineering) dengan Saab Kockums yang dimulai pada tahun 2013.
 Dikutip dari Naval Technology, LMV ditenagai dengan sistem combined diesel and diesel (CODAD) propulsion system teritegrasi dengan dua mesin MTU 20V 4000 M93L diesel engines. Dengan kecepatan maksimal 27 knot dan jangkauan 3.500 NM. Dementara intu dari segi ketahanan, LMV mampu beroperasi selama 14 hari. 


 (www.navalnews.net)


Dilihat dari aspek persenjataan, LMV dilengkapi dengan berbagai senjata modern seperti, rudal anti pesawat MBDA VL MICA, meriam di haluan Ottomelara kaliber 76 mm, senapan mesin berat Rafael Typhoon gun kaliber 25mm, senapan mesin ringan Hitrole gun kaliber 12,7 mm. Selain itu, LMV juga dilengkapi dengan sensor Thales NS100NS100 three-dimensional surveillance radar dan radar navigasi  Kelvin Hughes Sharpeye. 


Sumber : navaltoday.com/janes.com/navalnews.net/naval-technology.com
Mas ririd
Share:

2 comments:

Arsip Blog