Never Stop Learn

Rabu, 12 Februari 2020

Heli Mi-17, kehadirannya ditunggu kawan dan ditakuti lawan

Kecepatan gerak pasukan dan dukungan logistik merupakan unsur yang menentukan keberhasilan dalam sebuah operasi militer. Dalam peperangan modern, alat angkut yang cepat dan memiliki mobilitas tinggi adalah helikopter. Berbagai muatan bisa diangkut oleh helikopter tipe angkut mulai dari logistik, personel, senjata, amunisi, kendaraan tempur bahkan artileri medan.  Salah satu heli angkut terbaik di dunia tercatat yakni heli Mi-17. Heli besutan “negeri beruang merah ini”  juga dikenal dengan Heli Mi-8.  Saat ini helikopter ini diproduksi di dua pabrik, yaitu di Kazan dan Ulan-Ude. Heli multi fungsi yang telah battle proven di berbagai palagan pertempuran ini, juga telah dioperasikan oleh TNI-AD.

Helikopter Mi-17 
(www. maps.southfront.org)
Dilangsir dari Military Factory, heli Mi-17 merupakan hasil pengembangan dari Heli Mil Mi-8 “Hip”yang dimulai tahun 1967. Sementara Mi-17 mulai diperkenalkan pada tahun 1975. Sejak tahun 1981 tercatat lebih dari 12.000 helikopter telah diproduksi dan didistribusikan ke konsumen dunia termasuk Indonesia. Tercatat beberapa negara telah mengoperasikan heli ini seperti, Afganistan, Argentina, Kamboja, China. Kroasia, India, Irak, Kenya, Libya, Macedonia, Malaysia, Meksiko, Korea Utar, Pakistan, Rusia, Slovakia, Sri Lanka, Sudan dan Thailand.  

Mi-17 dilengkapi dengan rocket pods
(www.situskartini.com)
Ditilik dari spesifikasinya heli ini memiliki panjang 18,45 meter, lebar 21,25 meter, tinggi 4,75 meter, berat kosong 7.500 kg dan berat tempur 13.500 kg. Mi-17 ditenagai oleh 2 x Klimov TV-117MT/VM OR VK-2500 turboshaft engines. Dengan kemampuan tempur Ground-attack, Close air support (CAS), Transportasi, Transportasi VIP, Evakuasi Medis dan Search and Resque (SAR). Meskipun didesain sebagai heli transport, Mi 17 dapat dipersenjatai dengan senapan mesin 12,7 mm, automatic canon, Gun Pods, Cannon pods, aerial Rockets, dan rocket pods. Dengan segudang kemampuan yang dimiliki tentu heli ini selalu ditunggu kawan dan disegani lawan.


Source : militarfactory.com/situskartini.com/maps.southfront.org
M.ri2d
Share:

2 comments:

Arsip Blog