Never Stop Learn

Senin, 24 Juli 2023

5 Fakta Unik Kapal Selam Shoryu Class

Sebagai negara Kepulauan Jepang terus berusaha mengembangkan teknologi pertahanan berbasis kemaritiman. Mengingat sebagian wilayah jepang adalah laut, maka kekuatan laut menjadi fokus utama dari pengembangan pasukan beladiri jepang. Salah satu kapal selam buatan jepang yang canggih dan siap menghadapi peperangan modern adalah kapal selam Shoryu Class. 

 

Berikut Faktanya:

BACA JUGA:  KAPAL SELAM SHORYU CLASS PERKUAL AL JEPANG

1.    Pengembangan dan Produksi.

Kapal selam Shoryu class mulai dikembangkan dan dibangun pada tahun 2005. Kapal selam canggih ini merupakan yang terbaik dikelasnya. Kapal Selam ini dikembangkan dari kapal selam pendahulunya Oyashio class. Tahun 2007 kapal selam ini mulai diluncurkan dan pada tahun 2009 diresmikan masuk ke jajaran angkatan laut jepang/JMSDF (Japan Maritime Self Defence).

navalnews

2.    Tipe Kapal Selam.

Shoryu Class merupakan kapal selam Diesel Electric yang memiliki keunggulan lebih silent dalam pergerakan dan manuvernya sehingga sulit dideteksi oleh sonar kapal permukaan atau sonar pasif.

navalnews

 

 

3.    Dimensi.

Kapal selam Shoryu Class, memiliki dimensi panjang 84 meter, lebar 9.1 meter dan berbobot 2.900 ton saat berada dipermukaan, sementara saat menyelam beratnya mencapai 4.200 ton.

navalnews
 

4.    Sistem penggerak.

Monster bawah laut ini ditenagai dengan mesin Kawasaki 12 Valve 25/25 75 SB diesel engine dan mesin Kawasaki V4-275R Stirling engine. Dengan mesin bandel dan irit. Shoryu class dapat mencapai kecepatan maksimal 13 knot saat di permukaan dan 20 knot saat di perairan.

navalnews

5.    Sistem persenjataan.

Shoryu Class the silent warrior, dilengkapi dengan sistem persenjataan 6 x 533 mm terpedo yang mampu meluncurkan terpedo type 89 dan UGM-84 Harpoon missiles. 

defencenews

 BACA JUGA: KAPAL SELAM SCORPENE CLASS PERKUAT AL INDIA

 

Share:

1 comments:

Arsip Blog