Never Stop Learn

Senin, 31 Juli 2023

10 Perlengkapan Mendaki Gunung Agar Selamat Sampai Tujuan

Mendaki gunung memang mengasyikkan, apalagi kamu bisa mencapai summit. Supaya perjalananmu aman dan lancar jangan lupa menyiapkan kondisi fisik dan mental serta peralatan dan perlengkapan yang memadai. 


Berikut beberapa hal yang perlu disiapkan:

1.    Jaket berlapis.

Jaket bagi pendaki merupakan perlengkapan perorangan yang mutlak harus dipenuhi. Jaket tebal atau multilayer dapat memberikan perlindungan yang bagus bagi tubuhmu. Hawa dingin di gunung yang ekstrim ketika malam hari dapat menimbulkan hipotermia.

Rei

2.    Baff/bandana.

Perlengkapan ini menyerupai kain yang melingkar, dapat kita gunakan sebagai masker dan dapat juga melindungi kuping, mulut dan hidung. Baff dapat juga membantu melindungimu dari hawa dingin serta debu dan pasir yang berterbangan.

eiger

3.    Sarung tangan.

Alat ini dapat membantu menjaga kehangatan tubuh dari hawa dingin yang ekstrim.

consina
 

4.    Kacamata.

Cuaca di gunung kadang tidak menentu, kadang hujan, panas dan kadang terjadi badai. Untuk melindungi mata dari butiran debu atau partikel yang mengganggu pandangan bawalah kacamata agar kamu tetap dapat bergerak maksimal.

aielbro

5.    Sepatu gunung.

Medan yang berada digunung dapat berupa tanah, pasir, kerikil, bebatuan, rumput bahkan medan lumpur, untuk melewati medan tersebut pilihlah sepatu gunung yang sesuai dengan ukuran kaki agar nyaman digunakan. Dan pastikan sesuai budget ya sob hehehe.

consina
 

6.    Jam tangan.

Alat ini sangat penting untuk mengetahui waktu dan membantu pendaki mengukur estimasi waktu dan perkiraan jarak dan ketahanan energi serta makanan yang perlu disiapkan.

eiger
 

7.    Kompas.

Untuk menentukan arah agar tidak tersesat kamu perlu membawa kompas untuk memudahkan dalam berjalan menuju titik.

kompas

8.    Pisau

Pisau lipat atau pisau rimba dapat digunakan saat membuat api unggun, memotong kayu, merobek kain, mencincang daging, mengupas buah atau membuka jalan ketika terjadi kedaruratan.

survival knife
 

9.    Korek Api atau pemantik api.

Alat ini sangat bermanfaaat untuk membuat perapian dan menyalakan kompor. Korek api juga termasuk kedalam perlengkapan yang perlu dibawa saat survival.

pemantik api

10. Topi rimba

Perlengkapan ini juga dapat melindungi kepala dan rambut dari pasir atau ranting yang jatuh dari atas.

jungle hat (angsana outdoor)

 

 

Share:

2 comments:

Arsip Blog