Never Stop Learn

Selasa, 13 Juni 2023

Inilah 10 Rahasia Kopassus Menjadi Pasukan Elit Peringkat 3 di Dunia

Pasukan Khusus merupakan pasukan elit dengan kemampuan extraordinary dalam melaksanakan tugas. Setiap anggota pasukan khusus memiliki kondisi fisik yang sehat dan prima serta memiliki skills diatas rata-rata prajurit regular. Operasi yang digelar pasukan khusus juga merupakan kegiatan operasi yang bersifat rahasia dan mematikan, melibatkan unit-unit yang kompleks seperti sniper dan intelijen. Korps pasukan khusus memang telah dikenal sejak zaman dahulu. Pada zaman Turki Usmani pasukan khususnya disebut Pasukan Janisari, Pasukan Gajah Persia, Hwara pasukan khusus Kerajaan Korea pada abad 6-10 Masehi, Pasukan Khusus Rhoma War Chariot dan Egypt War Chariot.

BACA JUGA: 11 Varian Jet Tempur Sukhoi Rusia

Pada perang modern pasukan Khusus dituntut untuk memiliki skills dan intelejensi yang tinggi karena harus mampu mengoperasikan alutsista modern dan canggih. Di Indonesia sendiri memiliki pasukan khusus terbaik yang mendapatkan peringkat 3 dunia. Pasukan apa itu?


BACA JUGA: 10 Fakta Senapan Serbu M-16

Yap KOPASSUS ( Komando Pasukan Khusus) merupakan salah satu pasukan elit TNI yang berhasil menduduki peringkat 3 dunia setara dengan Navy SEAL milik Amerika Serikat, Spetsnaz Pasukan Elit Rusia dan SAS (Special Air Service) milik Inggris. KOPASSUS Merupakan Pasukan Khusus TNI AD yang menjadi kebanggaan bangsa dan negara. Kiprahnya dalam berbagai operasi dalam mengharumkan nama bangsa dan menjaga kedaulatan NKRI sudah tidak diragukan lagi. KOPASSUS sendiri merupakan Akronim dari Komando Pasukan Khusus. Prajurit Kopassus beranggotakan pasukan tempur dengan kemampuan fisik, mental dan intelektualitas tingkat tinggi.

Motto: Lebih baik Pulang nama daripada gagal di medan laga

 BACA JUGA: 7 Fakta Senapan Serbu AK-47

Brevet Komando yang tersemat dalam baju kebanggaan Kopassus harus didapatkan dengan susah payah oleh para anggotanya. Latihan keras yang melelahkan mental dan fisik harus dilalui. Berbagai rintangan dan sulitnya medan latihan mesti dilakukan untuk berhasil dan  dinyatakan lulus menjadi prajurit baret merah Kopassus. Kualifikasi latihan komando hutan, terjun statik, terjun free fall, pertempuran kota dan misi pengintaian serta misi intelijen melekat dalam dada tiap prajurit komando. Berbagai operasi penugasan yang melibatkan korps baret telah banyak menuai keberhasilan demi menjaga keutuhan dan persatuan negera republik Indonesia.

Share:

5 comments:

  1. turut bangga dan terharu pasukan the best

    BalasHapus
  2. pernh berhasil di tingkat internasional di thailand kl ga salah ops woila

    BalasHapus
  3. Pasukan Ellit luar biasaaa...
    Kebanggaan bangsa Indonesia
    Semoga para petinggi bangsa ikut memikirkan kesejahteraan para prajurit supaya tetap konsisten menjaga dan mempertahankan bangsa Indonesia dari segala rong2 an.

    Merdekaaaaaa

    BalasHapus
  4. Semoga cita2 ku terkabul

    BalasHapus

Arsip Blog