Never Stop Learn

Rabu, 03 April 2024

5 Tips Anti Bokek di Tengah Gonjang-Ganjing Ekonomi Dunia

Kondisi Perekonomian Dunia saat ini dilanda ketidak pastian. Beberapa Hal disebabnya adanya resesi global, konflik antara Rusia vs Ukraina ataupun Israel vs Iran serta kondisi Geopolitik di wilayah Timur Tengah. Tidak perlu khawatir dan was-was dalam menghadapi masa depan. Jadikanlah pikiran dan idemu sebagai kekuatan untuk survive di tengah unpredictable condition. Indonesia adalah negeri yang kaya raya dengan sumber daya alam dan sumber daya manusia, oleh karenanya bangunlah dan jadilah tuan rumah di negeri sendiri. Pengalaman pahit penjajahan jadikan pelajaran berharga. 

Dengan semangat mudamu buat rupiah menguat kembali dan menjadi mata uang yang hebat setara dengan US Dollar. Buat sobat semua, berikut ini adalah tips agar kamu tidak bokek di kondisi saat ini:

1. Ketahuilah Uang adalah pelayan yang baik namun tuan yang buruk. Oleh karenanya jadikanlah diri kita tuannya uang agar kita tidak diperbudak olleh uang. Kita harus tahu uang masuk dan uang keluar. Kemana saja kita belanjakan.

2. Tinggalkan gaya hidup mewah dan flexing. Sayangilah dirimu dan keluargamu dengan menjadikan gaya hidup sederhana. Hal ini akan membuat hidupmu tenang, aman dan nyaman.

3. Kalau kamu punya kartu kredit, segeralah potong atau buang agar kamu tidak terjebak dalam cicilan yang bisa menenggelamkanmu ke dalam lubang kesengsaraan.

4. Membelilah barang apabila uangnya sudah ada. Misalkan kamu ingin membeli motor balap harga 15 juta, tetapi kamu baru siap 5 juta. Lebih baik jangan kredit, tapi belilah motor dengan budget sesuai yang ada. Jangan kredit atau berhutang. Motor supra x harga 5 jutaan bisa kamu gunakan untuk pergi kesekolah atau kerja sambil menabung. Kalau budgetmu sudah cukup 15 juta kamu bisa jual motormu dan  membeli dengan cash motor balap tersebut. Jangan gengsi, utamakan kebutuhan daripada pencitraan.

5. Belilah logam mulia seperti emas batangan antam atau perhiasan emas dari sebagian asetmu untuk memberikan proteksi nilai uangmu. Kalau kamu punya banyak rezeki, belilah sebidang tanah. Investasi ini terkesan kuno dibandingkan di investasikan di reksadana atau saham. Tapi percayalah gaya investasi ini sudah teruji dan dilakukan oleh leluhur kita.

 

Share:

1 comments:

Arsip Blog