Never Stop Learn

Selasa, 02 April 2024

5 Manfaat Drone Dalam Medan Pertempuran Modern (Modern Warfare)

Teknologi telah mempengaruhi taktik dan strategi militer. Apabila kita analisa, 10 tahun yang lalu kedigdayaan Main Battle Tank (MBT) dan Heli Serbu atau Attack Helikopter masih mendominasi pertempuran. 

 


Namun di tahun 2024 Heli Serbu dan MBT bisa menjadi bulan-bulanan di medan tempur akibat drone kamikaze FPV yang berukuran kecil namun berdaya gempur tinggi dan efektif. Berikut beberapa manfaat drone dalam medan tempur 

1. Misi pengintaian atau reccon. Dengan ukuran yang kecil dan ramping drone dapat digunakan sebagai sarana mengintai pasukan musuh tanpa diketahui.

2. Sulit terdeteksi oleh radar konvensional. Ukurannya yang ringkas dan simpel serta mampu terbang rendah menjadikan drone alutsista mematikan yang kehadirannya terkadang tidak terdeteksi lawan.

3. Mudah di pindahkan. Pertempuran yang kompleks menuntut sarana intai yang ringkas dan mudah di ajak berpindah lokasi.

4. Dapat dijadikan sebagai senjata kamikaze dengan menambahkan hulu ledak. Tentu saja akurasi drone lebih presisi dibandingkan artileri medan untuk mengeliminasi fasilitas penting dan unit kecil pasukan musuh.

5. Dapat digunakan sebagai mata dan telinga bagi pusat komando untuk membantu mengambil strategi atau keputusan dalam menghadapi musuh.

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog