Never Stop Learn

Minggu, 14 April 2024

10 Cara Mudah Bebas Gagal Ginjal Yang Perlu Kamu Ketahui

Halo buat sobat pecinta kopi dan minuman berwarna-warni. Kamu perlu berhati-hati ya sob akan penyakit gagal ginjal. Minuman berwarna memang populer bagi milenial. Namun dibalik itu terdapat bahaya yang mengintai yaitu gagal ginjal.

  Jangan takut berikut ini cara mencegah gagal ginjal.

1.    Konsumsi air putih/mineral 2 liter setiap hari. Minumnya secara bertahap ya sobat, sambil kerja sambil jalan dimana saja.

2.    Rubah habbit. Buat kamu kawula muda tentu kalau jajan diluar atau nongkrong di cafe pasti minum kopi atau aneka minuman berwarna lainnya. Nah rubahlah dengan memesan air mineral.

3.    Untuk memperlancar metabolisme tubuhmu, kamu perlu gerak sob minimal 30 menit kamu harus berolahraga. Bisa lari, bersepeda, renang dan senam aerobik. Kalau kamu sibuk cukup jalan ditempat aja selama 30 menit. Itu udah sama dengan kamu jalan 3 km. Mudah bukan.

4.    Stop konsumsi minuman beralkohol. Sayangi ginjalmu, ingat masa tuamu. Gambaran kondisi kesehatan masa tuamu adalah gaya hidupmu saat ini. Tentu kamu pengen awet muda sehat sentosa kan sob?

5.    Tidur lebih awal. Tidak perlu kamu begadang tiap malam untuk menunjukan kamu jagoan dan bermental baja. Justru masa depan ginjalmu terancam akibat pola istirahat yan tidak teratur. Jam 22.00 tet, kamu harus tidur ya sob. Ginjalmu adalah kualitas tidurmu.

6.    Jauhi Narkoba. Zat satu ini sangat berbahaya bagi ginjalmu. Masa depan bisa kacau balau dan morat-marit akibat otak sulit berpikir dan metabolisme tubuh terganggu. Tentu saja selain kamu jadi koplo, ginjalmu bakal bekerja lebih berat. Jadi sob, jauhi narkoba, ganja, heroin, putaw, extasi dan lain sebagainya. Ekonomi bisa babak belur buat beli narkoboooi dan cuci darah. Dah lah, berhenti aja sob.

7.    Konsumsi buah-buahan. Ga perlu mahal sob bisa kamu beli pepaya, melon dan semangka di kios buah. Jangan lupa dicuci dan dibersihkan. Ga harus kamu beli di mall. Jangan gengsi buat kesehatanmu.

8.    Konsumsi sayuran. Kamu bisa beli di tukang sayur keliling. Pilih yang bagus dan fresh. Ga usah gengsi bro-sis. Penting di cuci bersih sebelum di masak. Vitamin dan mineral dalam sayuran akan membantu merawat ginjalmu bekerja dengan baik.

9.    Bangun pagi. Memang terkesan ga ada hubungannya. Namun dibalik bangun pagi ada kesehatan dan keberkahan yang bermanfaat bagi seluruh organ tubuhmu seperti jantung, paru-paru, ginjal dan sistem pencernaan. Bangunlah antara jam 4 s.d. jam 5 pagi. Rasakan perbedaannya. Jangan kalah sama ayam bro-sis.

10. Pikirkan apa yang perlu kamu pikirkan. Jangan semua kamu pikirin sob wkwkwkwk. Tidak perlu khawatir dengan apa yang akan terjadi kedepan. Persiapkan saja, dekatkan diri dengan Allah SWT. Spiritual yang baik akan meningkatkan fungsi organ tubuh termasuk ginjal.

 

Share:

1 comments:

  1. Subhanallah...
    Inspirasi sekali Mhon izin komandan Mentor ( Danmen )
    Terimakasih atas inspirasi yang sangat bermanpangat...

    Kami tunggu karya selanjutnya.

    BalasHapus

Arsip Blog