Never Stop Learn

Kamis, 29 Februari 2024

7 Fakta Unik Kendaraan Taktis DAPC-2 Wolf ( Rimung) 4 x 4 milik Korps Brimob

Salah Satu kendaraan tempur milik Korps Brimob adalah DAPC-2 Wolf. Kendaraan Taktis (Rantis) berpenggerak 4x4 ini merupakan rantis besutan negeri Gingseng alias Korea Selatan. Perusahaan alutsista Korea Selatan yakni Daeji P&I Co adalah produsen rantis gagah ala-ala film Korea. 

Berikut beberapa fakta tentang rantis andalan Korps Brimob:

1.    DAPC-Wolf adalah akronim dari Daeji P&I Armored Personel Carrier Wolf, yang berarti kendaraan angkur personel yang memiliki proteksi lapis baja untuk melaksanakan tugas operasi atau pengamanan tertentu..

2.    Mampu membawa pasukan hingga 10 personel.

3.    Proteksi armour NIJ IV A atau NIJ III yang mampu menahan terjangan peluru senapan serbu kaliber 5.56 mm.

4.    Terdapat kubah yang terletak diatas rantis yang dapat di pasangi dengan senapan serbu kaliber 5.56 mm ataupun sistem pelontar gas air mata.

5.    Menggunakan ban jenis TRF (Tire Run Flat) yang cocok digunakan dalam pertempuran kota, atau saat terjadi keaadaan terburuk ban tertembak atau terkena serpihan roket atau granat.

6.    Memiliki dimensi panjang 6 meter, lebar 2.4 meter dan tinggi 2.65 meter.

7.    Berat kotor dari rantis ini adalah 12 ton. Mobil ini menggunakan sasis dan mesin Toyota Land Cruiser bermesin v8 DOHC Twin Turbo Common Rail Diesel yang berkapasitas 4.500 cc yang mampu menempuh kecepatan hingga 150 km/jam.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog