Never Stop Learn

Jumat, 16 Februari 2024

6 Manfaat Tumbuhan Putri Malu yang Jarang Diketahui

gambar: putri malu (pixabay.com)

Putri malu (Mimosa pudica L.) merupakan tumbuhan yang bisa hidup dimana saja. Kita bisa menjumpainya dengan mudah dipinggir jalan, kebun, dan di banyak tempat lainnya. Tumbuhan ini seringkali hanya dianggap sebagai tanaman pengganggu (gulma) bagi tanaman budidaya lainnya. Namun, tahukah sobat jika tumbuhan putri malu memiliki segudang manfaat?. Berdasarkan berbagai penelitian, tumbuhan putri malu mengandung senyawa metabolit sekunder turunan flavanoid, alkaloid, tanin, saponin, steroid, fenolik, terpenoid, dan kumarin. Senyawa - senyawa tersebut memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Untuk lebih lengkapnya, yuk kita simak manfaat dari kandungan tumbuhan putri malu berikut ini:

1. Antidiare

Berdasarkan penelitian dari Borneo Jurnal of Phamascientech (2020), kandungan senyawa tanin yang terdapat pada tumbuhan putri malu, bekerja sebagai astrigen yang menciutkan selaput lendir usus sehingga bisa menekan terjadinya diare dan meringankan keadaan diare.  Kandungan flavonoid pada tumbuhan putri malu juga memiliki efek sebagai anti diare yang bisa menghambat mobilitas usus sehingga mengurangi sekresi cairan dan elektrolit. Selain itu, tumbuhan putri malu mengandung senyawa steroid yang bisa meningkatkan penyerapan air dan elektrolit dalam usus menjadi normal kembali.

2. Antidiabetes

Dalam penelitian Jurnal Beta Kimia (2022), dijelaskan bahwa ekstrak etanol daun putri malu baik digunakan untuk pengobatan diabetes. Aktivitas antidiabetes pada tumbuhan putri malu ditandai dengan kemampuan menurunkan kadar glukosa darah dan malondiadehide (MDA) serta mampu memperbaiki histopatologi sel β-pankreas yang mengalami kerusakan akibat peningkatan glukosa darah.

3.    3.  Antioksidan

Daun, batang, dan akar tumbuhan putri malu memiliki kemampuan anti oksidan yang baik. Dilansir dari halaman umsu.ac.id, tumbuhan putri malu mengandung senyawa flavonoid dan tannin. Senyawa ini berperan dalam melawan radikal bebas dan mengurangi stress oksidatif.

4.     4. Antidepresan

Berdasarkan penelitian dalam Jurnal Beta Kimia (2022), uji ekstrak etil asetat daun putri malu memiliki efek antidepresan kuat yang ditunjukan dengan memperbaiki kelainan neurokimia dan neurotransmitter monoamina.

5.     5. Antiinflamasi

Daun putri malu memiliki manfaat sebagai antiinflamasi. Menurut Jurnal Beta Kimia (2022), efek inflamasi daun putri malu telah dibuktikan secara in vitro yang ditunjukan dengan adanya kemampuan menstabilkan membrane sel darah merah.

6.    6.  Anti asam urat

Herba putri malu yang ektraknya terdiri dari daun, batang, dan bunga memiliki khasiat sebagai anti asam urat. Dilansir dari halaman unpad.ac.id, penelitian mengenai khasiat putri malu sebagai anti asam urat telah dilakukan sejak tahun 2013, oleh Dosen Departmen Farmakologi dan Farmasi Klinik Fakultas Farmasi Unpad Dr. Sri Adi Sumiwi, M.S., Apt. Pengujian dilakukan melalui uji toksisitas dan uji aktivitas. Uji aktivitas yang dilakukan secara in vitro menunjukan ekstrak putri malu dapat menghambat enzim xantin oksidase sehingga ekstrak ini mampu menghambat pembentukan asam urat.

Nah itu dia sobat, manfaat tumbuhan putri malu yang jarang diketahui. Jadi, berdasarkan kandungan senyawa yang beragam tersebut, putri malu dapat dijadikan sebagai alternatif untuk memelihara kesehatan tubuh.


Referensi:

Astuti, K. I., Fitriyanti, & Huda, N. (2020). Uji Aktivitas Anti Diare Ekstrak Etanol 96% Herba Putri Malu (Mimosa pudica L.) Terhadap Mencit Jantan yang Diindikasi Oleum Ricini. Borneo Journal of Phamascientech, 42-50.

Bili, D. T. (2022). Review: Efek Farmokologi Tanaman Putri Malu (Mimosa pudica Linn). Jurnal Beta Kimia, 74-79.

Maulana, A. (2017, Oktober 10). Dr. Sri Adi Sumiwi, M.S., Apt., Kembangkan Asam Urat dari Ekstrak Putri Malu. Retrieved from unpad.ac.id: https://www.unpad.ac.id/profil/dr-sri-adi-sumiwi-m-s-apt-kembangkan-anti-asam-urat-dari-ekstrak-putri-malu/

Rank, M. (2024, Februari 6). Kandungan dan Manfaat Bunga Putri Malu Bagi Kesehatan. Retrieved from umsu.ac.id: https://umsu.ac.id/health/kandungan-dan-manfaat-bunga-putri-malu-bagi-kesehatan/

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog