Never Stop Learn

Rabu, 05 April 2023

Inilah 10 Sungai Terpanjang di Indonesia

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas. Total luas wilayah Indonesia adalah 7,81 juta km2. Dimana 3,25 juta km2 berupa wilayah laut dan 2,55 juta km2 berupa Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). 

 


Luas daratan berupa 2,01 juta km2. Wow luas sekali bukan??? Bisa dibayangkan betapa banyak kekayaan alam yang terkandung didalamnya. Pada kesempatan ini kita akan membahas salah satu kekayaan alam di Indoneisa yaitu Sungai. Berikut daftarnya:

 

1. Sungai Kapuas

 


 Dengan panjang 1.143 km sungai kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Sungai kapuas terletak di Pulau Kalimantan lebih tepatnya Provinsi Kalimantan Barat.

Panjang: 1.143 km

Mata air: pegunungan Muller

 

2.     2. Sungai Mahakam


 

 Sungai ini terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Memiliki panjang 920 km. Sungai mahakam merupakan sungai terpanjang ke dua di Pulau Kalimantan sekaligus menempati posisi ke dua sebagai sungai terpanjang di Indonesia.

Panjang: 920 km

Mata air: Gunung Cemaru

 

3.     3. Sungai Barito

 

borneo24.com

Sungai ini memiliki panjang 890 km dengan melintasi dua wilayah yakni Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Selatan.

Panjang: 890 km

Mata air: Pegunungan Schwaner

 

4.     4. Sungai Batanghari


Memiliki panjang 800 km dengan hulu di Pegunungan Bukit Barisan. Sungai batanghari bermuara di selat berhala. Sungai ini memiliki tujuh anak sungai, yaitu: Sungai Batang Asai, Sungai Batang Tembesi, Sungai Batang Merangin, Sungai Batang Tabir, Sungai Batang Tebo, Sungai Batang Bungo dan Sungai Batang Suliti.

Panjang: 800 km

Mata air: Pegunungan Bukit Barisan

 

5.     5. Sungai Musi

 


Sungai ini terletak di Provinsi Sumatera Selatan, memiliki panjang 750 km. Hulu sungai musi berada di pegunungan bukit barisan dengan muara sungai mengarah ke selat bangka. Sungai musi telah menjadi saksi sejarah perkembangan kerajaan Sriwijaya.

Panjang: 750 km

Mata air: Pegunungan Bukit Barisan

 

6.     6. Sungai Mamberamo

 

libur.co

Aliran sungai terpanjang di Bumi Papua adalah sungai mamberamo, sungai ini memiliki panjang 670 km, nama sungainya diambil dari bahasa suku dani yang berarti air besar (mambe bermakna besar, ramo bermakna air).

Panjang: 670 km

Mata air: Pegunungan Jayawijawa

 

7.     7. Sungai Bengawan Solo

pariwisatasolo.surakarta.go.id

Sungai ini memiliki panjang 548 km, dengan hulu sungai berada di Gunung Lawu. Sungai bengawan solo merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa.

 

Panjang: 548 km

Mata air: Gunung Lawu

 

8.     8. Sungai Digul

 

junglekey.id

Sungai Digul memiliki panjang 525 km. Sungai ini terletak di Papua dengan hulu sungai Pegunungan Maoke.

Panjang: 525 km

Mata air: Pegunungan Maoke

 

9.     9. Sungai Indragiri

 

ketahui.com

Sungai ini memiliki panjang  500 km. Terletak di Provinsi Riau. Sungai indragiri mengalir hilir selat malaka.

Panjang: 500 km

Mata air: Berasal dari dua sungai, yaitu sungai ombilin dan sungai sinamar

 

1    10. Sungai Seruyan

 

borneonews.com

Memiliki panjang 350 km sungai seruyan merupakan sungai terpanjang di Kalimantan Tengah. Lokasi tepatnya di Kabupateen Seruyan. Sungai seruyan bermuara di laut jawa.

Panjang: 350 km

Mata air: Pegunungan Schwaner

 

 

Share:

2 comments:

Arsip Blog