Never Stop Learn

Minggu, 09 April 2023

5 Fakta Menarik Makam Kaisar Pertama China Qin Shi Huang, Ada Apa di Dalamnya?

Fakta menarik terungkap dari Makam Kaisar pertama China, Qin Shi Huang. 
Beberapa fakta tersebut diantaranya:

1. Ditemukan pada tahun 1974.
 Para petani yang berada di wilayah Saanxi, China tanpa sengaja menemukan makam kaisar pertama China Qin Shi Huang ketika menggali sebidang tanah. Ditemukan teracota berupa patung prajurit china dari tanah liat beserta pasukan  dilokasi tersebut.

2. Meninggal pada tahun 210 SM.
Kaisar Qin Shi Huang berhasil mempersatukan China dalam satu kekaisaran setelah menakhlukkan 6 negara. Diperkirakan Kaisar pertama China ini meninggal pada tahun 210 SM.

3. Makamnya dikelilingi ribuan  pasukan penjaga.
Sebagai representasi dari kaisar yang kuat, makam Qin Shi Huang dijaga oleh ribuan pasukan terracota lengkap dengan para pejabat, jenderal, hewan tunggangan dan senjata replika tanah liat.

4. Makam belum pernah dibuka selama lebih dari 2000 tahun.
Para arkeolog khawatir dengan teknologi yang ada saat ini bisa menyebabkan kerusakan yang justru akan menghilangkan informasi sejarah. Para arkeolog masih berusaha mencari teknik dan metode yang tepat untuk mengungkap makam kaisar pertama China tersebut. 

5. Kaisar Qin Shi Huang meninggal di usia muda. 
Para arkeolog memperkirakan, Qin Shi Huang meninggal di usia 39 tahun. Berbagai teori diungkapakan untuk menjelaskan kematiannya, namun yang paling kuat adalah diakibatkan konsumsi berlebih zat merkuri yang pada saat itu dipercaya sebagai zat keabadian yang membuat manusia hidup lebih lama. Para arkeolog menemukan kandungan zat mercuri yang tinggi di area makam. Diperkirakan terdapat parit mercuri yang berada disekitar makam Qin Shi Huang sebagai simbol keabadian.
Qin Shi Huang sendiri diperkirakan memerintah China pada tahun 221SM - 210SM.
Share:

1 comments:

Arsip Blog