Never Stop Learn

Sabtu, 09 Maret 2024

5 Fakta Menarik Tank Tempur Utama "Haider" Buatan Pakistan Kolaborasi Dengan China

Tank Tempur Utama adalah kekuatan yang penting bagi satuan Kavaleri. Untuk memperkuat satuan kavaleri pakistan Army telah berhasil mengembangkan Main Battle Tank Haider  yang merupakan hasil kerjasama dengan China. Ranpur ini dikembangkan dari Main Battle Tank (MBT) VT-4 yang telah digunakan oleh People Liberation Army (PLA). Dilangsir dari thedefencepost, Tank Haider diproduksi oleh perusahaan dalam negeri Pakistan Heavy Industries Taxila (HIT) bekerjsama dengan perusahaan Norinco China. 


 

Berikut beberapa fakta terkait Main Battle Tank (MBT) Haider milik Pakistan Army:

1.    Serba-serbi

Haidar MBT mulai dikembangkan bersama antara China dan Pakistan untuk mewujudkan kemandirian alutsista. Dalam situasi perang, penguasaan teknologi persenjataan adalah salah satu faktor penentu kemenangan. Terkadang suatu negara menguasai teknologi canggih, namun di sisi lain kekurangan bahan baku sehingga menuntut kerjasama dan kolaborasi dengan negara lain. Hal inilah yang menjadi dasar kerjasama transfer of technology (ToT).

2.    Dimensi

Tank Haidar memiliki dimensi sebagai berikut:

Panjang: 10.10 meter

Berat:5200 kg

Lebar: 3.4 meter

Tinggi: 2.4 meter

 

3.    Sistem Persenjataan

Senjata utama dari Haider MBT adalah meriam kaliber 125 mm yang sigunakan untuk menghancurkan tnak lawan serta perkubuan musuh. Senjata lainnya yaitu senapan mesin ringan kaliber 7.62 mm dan meriam 12.7 mm  (RCWS).

4.    Sistem Penggerak

Haidar MBT digerakkan oleh four-stroke turbocharged electronically-controlled Diesel engine generating 1,200 hp. Kecepatan jelajah Tank ini adalah  70 km/jam.

5.    Crew

Ranpur ini dapat menampung 1 driver, 1 komandan, 1 pasukan dan 1 gunner.

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog