Never Stop Learn

Rabu, 22 Februari 2023

BTR-ZD Pemburu Drone dari Masa Perang Dingin, sudah Battle Proven?

Untuk menghadapi dinamika di medan pertempuran dan kebutuhan unit anti serang udara (air attack defence) Para insinyur Era Uni Soviet mengembangkan Tank BTR-D menjadi BTR-ZD. Berawal dari  kendaraan type pengangkut personel beroda rantai, BTR-ZD dimodifikasi agar memiliki kemampuan ganda, yaitu angkut personel sekaligus penghancur kekuatan udara lawan.

weaponsystems.net
BTR-ZD memiliki dimensi panjang 5,88 meter, lebar 2,63 meter dan tinggi dari permukaan tanah 2 meter serta berbobot 8 ton. Dengan tambahan persenjataan (Armament) berupa meriam kaliber 23 mm laras ganda ZU-23-2 Anti Air Craft Gun.

 

BTR-ZD dapat merontokkan helikopter yang berkeliaran di zona operasi dan pesawat tempur yang terbang rendah. Pada awalnya BTR-ZD digunakan untuk melindungi pasukan AIRBORNE yang menggelar operasi. Namun pada perang modern saat ini seperti pada perang Rusia VS Ukraina, BTR-ZD juga diterjunkan untuk menghajar pasukan lawan yang bersembunyi di parit perlindungan serta menghujani drone milik lawan yang mengintai ataupun menyerang. BTR-ZD juga tampak digunakan untuk menyeberangi sungai, dan membantu mengeliminir special force musuh yang menyusup menggunakan rubber boat.

wikimedia.com

Supremasi alut ZU-23-2 Anti Air Craft Gun twin barreled autocannon patut diacungi jempol dan telah banyak digunakan dalam berbagai palagan peran serta battle proven di medan laga.


 

Share:

1 comments:

Arsip Blog