Never Stop Learn

Senin, 27 Februari 2023

6 Alasan Kuliah di Universitas Terbuka (UT)

Belajar di kampus Universitas Terbuka merupakan pilihan sebagaian masyarakat Indonesia. Universitas Terbuka merupakan Lembaga pendidikan perguruan tinggi negeri ke -45. 

Kampus ini menggunakan system pembelajaran terbuka dan jarak jauh, sehingga seluruh masyarakat Indonesia dapat mengenyam Pendidikan Jenjang Diploma III/S1/S2/S3 dengan mudah, biaya terjangkau dan fleksibel. Tak ayal kampus ini menjadi kampus idola bagi milenial saat ini. 

Beberapa hal yang dapat kita ambil  Berikut alasan milenial memilih Universitas Terbuka

1.     Biaya yang Murah

Rata-rata biaya kuliah dikampus UT untuk jenjang S1 per semester Rp. 1.000.000,00 sekaligus buku dengan mengambil 24 SKS berkisar antara Rp. 400.000,00 s.d. Rp. 650.000,00. Jadi satu semester biaya pendidikan yang dikeluarkaan dibawah Rp. 2.000.000,00.

2.     Waktu Kuliah Fleksibel

Bagi mahasiswa Universitas Terbuka yang mengambil Sipas atau Non Sipas wajib mengikuti kuliah melalui Tutorial Online (Tuton). Tuton merupakan aplikasi pembelajaran yang dapat kita akses dimana saja dan kapan saja. Para Dosen akan memberikan materi perkuliahan dan membuka diskusi di platform tersebut. Waktu pengerjaan tugas diskusi dan tugas quiz fleksibel sesuai dengan batas waktu pengumpulan yang telah ditentukan dosen. Dengan demikian metode pembelajaran ini cocok untuk karyawan, guru atau pekerja yang ingin meneruskan pendidikannya sambil bekerja.

3.     Bebas Iuran Gedung

Mahasiswa UT dibebaskan dari iuran Gedung yang biasa dibayarkan ketika masuk ke Perguruan Tinggi.

4.     Penulisan Karya Ilmiah lebih  mudah

Pada tahap akhir Pendidikan mahasiswa UT diwajibkan untuk membuat karya tulis sesuai bidang/jurusan yang diambil. Para dosen pembimbing akan membantu penulisan karya ilmiah.

5.     Free Biaya Wisuda

Bagi mahasiswa yang selesai melaksanakan studinya, mereka dapat mengurus administrasi wisuda di UPBJJ masing-masing kota secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Termasuk Toga, Snack dan Free Foto Both.

6.     Dapat mengikuti wisuda di Pusat atau di Daerah masing-masing

Mengingat mahasiswa UT tersebar diberbagai kota di Indonesia dan mancanegara, para wisudawan/wisudawati dapat mengikuti wisuda yang berada di kota masing-masing sesuai UPBJJ atau di UT Pusat Pondok Cabe.

.

Share:

3 comments:

Arsip Blog