Never Stop Learn

Jumat, 24 Februari 2023

BMD-3 TANK PALING POPULER BAGI PARATOOPER

BMD-3 mulai diperkenalkan pada tahun 1990 dalam kondisi krisi ekonomi yang menerpa pada tahun tersebut. Masih menganut aliran yang sama, BMD-3 merupakan hasil pengembangan dari pendahulunnya BMD-2.

3dbaza.com
 BACA JUGA: MENGENAL BMP TERMINATOR RUSIA

BMD-3 menggunakan turret yang sama dengan BMP-2, Posisi Komandan menempati pos tempurnya yang berada di turrret bersama dengan gunner. Sementara driver berada di hull depan menjaga manuver ranpur. 

theindependent.com

Dilihat dari dimensinya, BMD-3 memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Panjang

6 meter

Lebar

3,13 meter

Tinggi dari ground

2,25 meter

Berat

12,9 ton

 BACA JUGA: 3 RAHASIA SUPERIORITAS BMD-1 DI MEDAN PERANG

Variasi senjata yang dipilih oleh para insinyur militer dari perusahaan Volgograd Tractor Factory masih menganut aliran seri BMD, disesuaikan dengan situasi dan kondisi medan penerjunan serta kebutuhan pengawak ranpur menghadapi peperangan yang dihadapi. Detailnya sebagai berikut:

Senjata Utama

(main armament)

Meriam 2A4S kaliber 30mm autocannon

Senjata tambahan

Light Machine Gun kaliber 7,62 mm PAK dan Anti Tank 9K11/9M111

Operator dari BMD-3 terbesar adalah Rusia, disusul China dan Ukraina. Dalam perang Ukraina VS Rusia yang meletus 24 Februari 2022, ranpur ini juga turut mengambil bagian. Dengan spesifikasi BMD-3 yang gesit, irit dan lincah di medan lagi, tak heran apabila tank ini menjadi idola bagi para pasukan penerjun payung atau pratrooper.


Share:

1 comments:

Arsip Blog