Never Stop Learn

Rabu, 10 Juni 2020

PENGERTIAN CRANKSET SEPEDA

Assalamualaikum, wr.wb
Selamat sore sahabat vintage ^^
...
...
Bagaimana kondisi semangatmu hari ini ?
Hehehe..

Pada sesi ini, kita akan membahas tentang part sepeda yang paling penting dalam sebuah sepeda.Apa itu ??? Yap...Crank.
Crank termasuk komponen utama dari sebuah sepeda. Tanpa crank niscaya tidak akan ada pergerakan, karena pada dasarnya tiap komponen saling melengkapi dan menyempurnakan. Crank sendiri terbentuk dari susunan chainring dan arm yang membentuk satu kesatuan. Simak gambar penjelasan berikut ya sob.

masririd picture

Chainring adalah gerigi depan yang yang menyatu dengan pedal sepeda. Beberapa istilah lain tuntuk chainring adalah crankset, front chainwheel, crank, atau engkol. Nah sekalian kita belajar ya sob tipe chainring yang lazim digunakan oleh pesepeda. Yuk kita simak.

Dilangsir dari sumber sepeda.me, berdasarkan jumlah dan ukuran chainringnya, chainset secara umum dibagi menjadi:

  • Standard (Double) Chainring: Memiliki 2 chainring, ukurannya biasanya 52-39T, umumnya digunakan untuk jalanan yang relative datar.
  • Compact chainring: Memiliki 2 chainring, dengan ukuran chainring lebih kecil dari standard, biasanya 50-34T, supaya lebih enak dibawa ke jalan mendaki.
  • Triple chainring: Memiliki 3 chainring, bisa untuk mendaki ataupun kencang di jalan datar, tanpa spesialisasi. Pilihan gear sangat banyak, kadang membingungkan.
  • Single chainring: Sedang populer sekarang, hanya memiliki satu chainring, tidak memiliki pilihan gigi depan, sehingga bisa menghilangkan Front Derailleur sehingga mengurangi beban dan membuat shifting menjadi simple dan mudah. Chainringnya khusus, memiliki fitur narrow-wide agar rantai tidak gampang lepas.
Jenis Chainring sepeda


Author : masririd😊
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog