Never Stop Learn

Selasa, 24 September 2019

Cina luncurkan kapal perang Destroyer class

Dikutip dari Janes.com Galangan Kapal China JIANGNAN CHANGXINGDAO SHIPYARD meluncurkan kapal perang destroyer Renhai Class tipe 055 pesanan Angkatan Laut China atau People’s Liberation Army Navy (PLAN). Peluncuran tersebut dilaksanakan pada tanggal 12 September 2019. Kapal perang ini digadang-gadang menjadi kapal destroyer terbesar di belahan bumi Asia. Media-media Internasional menggambarkan kapal perang tipe ini memiliki kemampuan yang sebanding dengan kapal perang destroyer milik Negeri Paman Sam yaitu Zumwalt class DDG1000.




 www.popsci.com
Tipe 055 merupakan kapal perang destroyer class terbesar yang dimiliki Angkatan Laut China. Kapal ini memiliki bobot 10.000 ton dan memiliki berbagai kemampuan peperangan seperti surface-to-air warfare, anti-ship warfare , anti-submarine warfare , dan serbuan ke darat atau  land-attack missiles

BACA JUGA :  KAPAL SELAM SCORPENE CLASS PERKUAT AL INDIA


Disarikan dari harian thediplomat.com, Tipe 055 merupakan kapal perang hasil pengembangan dan riset dari Tipe 052D Lyang III class guided missile destroyer. Berdasarkan dimensi ukuran Tipe 055 mimiliki ukuran lebih besar daripada Tipe 052D. Tipe 055 memiliki panjang 180 meter dan lebar 20 meter.

BACA JUGA : CHINA LUNCURKAN KAPAL PERANG PESANAN MALAYSIA

 www.southchinamorningpost.com

 Dari segi persenjataan tipe 055 memiliki peluncur rudal vertikal atau vertical launch systems (VLS) yang mampu menmbakkan rudal HHQ-9 surface to air missile, rudal YJ-18 Long Range missile, CJ-10 land attack cruise missile. Pada bagian haluan kapal ini dipersenjatai dengan menggunakan meriam caliber 130mm main gun.

BACA JUGA : CHINA KEMBANGKAN JET TEMPUR SILUMAN J20
www.nextbigfuture.com

Destroyer tipe 55 juga dilengkapi dengan radar canggih 236B naval phased array radar system untuk mengendus dan mendeteksi kehadiran ancaman musuh baik berupa pesawat udara, serangan rudal ataupun kapal perang lawan. Tipe 55 juga dilengkapi dengan sonar canggih untuk menjejak keberadaan Kapal Selam lawan. Selain itu Tipe 055 mampu membawa 2 buah helicopter pemburu kapal selam  Z-18.
source : Janes.com/thediplomat.com/wikipedia.com/missiledefenceadvocate.co/finacetwitter.com/nextbigfuture.com/popsci.com/southchinamorningpost.com


author : masririd
Share:

7 comments:

  1. the biggest destroyer class in Asia region

    BalasHapus
  2. How long its endurance at sea ?

    BalasHapus
  3. Angkatan Laut PLAN semakin tumbuh besar

    BalasHapus
  4. wuih...saingan DE clas Amerika ni

    BalasHapus
  5. Helikopter Z18 ngeri kali...

    BalasHapus
  6. mulai dari alat dapur sampai alat perang sekarang cina bisa buat,,,

    BalasHapus

Arsip Blog