Never Stop Learn

Senin, 17 Juni 2019

Indonesian Air Force kembangkan 2 Squadron baru


TNI Angkatan Udara (TNI AU) memperkuat kekuatannya di wilayah timur Indonesia dengan peresmian dua skadron udara sekaligus, yakni Skadron Udara 27 di Lanud Manuhua, di Biak, Papua dan Skadron Udara 33 di Lanud Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan. Kedua skadron ini difokuskan untuk pesawat pengangkut.
www.tribunnews.com

Selain untuk pemerataan kekuatan ke wilayah timur, skadron yang baru ini diadakan untuk merespons perkembangan kekuatan pasukan dari Angkatan Darat dan Angkatan Laut, serta untuk mengantisipasi darurat kebencanaan dan persoalan disparitas harga di pelosok.
"Di sini itu kita punya kekuatan militer yakni Divisi III Kostrad dari Angkatan Darat. Nah untuk mendukung pergerakan mereka, makanya dibutuhkan satu skadron udara untuk percepatan pergerakan mereka jika dibutuhkan. Selain itu juga untuk kebencanaan," kata Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna di Lanud Hasanuddin, Maros, Jumat (14/6/2019).
"Selain untuk operasi militer dan bencana, pesawat pengangkut, khususnya di Biak itu, kita juga akan gunakan untuk menekan disparitas harga di wilayah pelosok. Pesawat kita akan kita gunakan untuk memasok bahan pokok juga," lanjutnya.
www.tirto.com

Saat ini, Skadron Udara 33 memiliki empat buah pesawat Hercules yang dulunya ditempatkan di Lanud Abdurahman Saleh, Malang dan Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Skadron Udara 33 memiliki 71 personel dengan dikomandoi Letkol Pnb Agus Rohimat, eks Komandan Skadron 32 Malang.
"Pesawat Hercules yang kita siapkan di Skadron 33 ini, sebanyak empat unit. Satu dari Lanud Halim dan 3 dari Lanud Abdurahman Saleh di Malang. Personelnya kita juga ambil dari dua skadron sebelumnya, termasuk komandannya," kata Yuyu.
Saat ini, TNI AU tengah menunggu lima pesawat Hercules jenis J dari Amerika Serikat (AS). Rencananya, pesawat baru itu akan didistribusikan di seluruh Skadron Udara di Indonesia. Selain lebih efisien, pesawat baru itu telah dilengkapi dengan peralatan canggih. Diprediksi kelima pesawat itu akan datang 2022 mendatang.
Source : janes.com/news.detik.com

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog