Never Stop Learn

Kamis, 13 Desember 2018

Menjaga Laut

     Indonesia diberi Allah SWT dengan sumberdaya alam yang melimpah ruah. Negara dengan komposisi 70 % wilayahnya berupa perairan. Sebagai negara maritim terbesar didunia tentu kita patut berbangga dan wajib menjaganya.

   Dengan luas wilayah laut indonesia yang begitu besar dibandingkan daratan, sudah sepantasnya kita bangsa Indonesia berjaya di laut.  Mari kita sejenak melihat sejarah bangsa Indonesia, Kerajaan-kerajaan maritim nusantara telah berhasil menguasai lautan. Seperti kerjaan Sriwijaya pada abad ke-7 telah menjadi kerajaan yang besar dan terkenal kuat armada lautnya. Wilayahnya terbentang dari semenanjung Malaka, sumatera, selat malaka, laut natuna hingga ke Laut china selatan. Pada abad ke 13 Kerajaan Majapahit di bawah pemerintahan Raja Hayam wuruk dan Patih Gajah Mada berhasil menyatukan nusantara, semenanjung malaka bahkan sampai dengan filipina. Bisa kita bayangkan betapa digdaya armada laut ketika itu. Laut telah berperan penting dalam bidang ekonomi, sosial, politik dan pertahanan. Bisa kita lihat, pertahan dan kekuatan armada laut merupakan penopang sendi ekonomi, tanpa adanya laut yang aman maka tidak mungki terjalin transaksi perdagangan rempah-rempah kala itu.
   Optimisme sangat diperlukan untuk pembangunan dimensi maritim Indonesia. Sejalan dengan kebijakan pemerintah Indonesia untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Kejayaan bangsa Indonesia bisa kita kembalikan dengan semangat bersama.
   Data dari Kementerian Perikanan tahun 2018 semester 1 menunjukkan pertumbuhan ekspor ikan sebesar 7,21 % atau meningkat 510.050 ton, surplus neraca perdagangan hasil perikanan sebesar 12,88 %. Hal ini tentu membanggakan bagi kita. Dengan pengelolaan yang tepat dan inovasi baru  dalam bidang perikanan, akan mampu meningkatkan  pendapatan negara dari sektor perikanan. Saat ini Indonesia menempatai peringkat ke-2 pengekspor ikan  terbesar di dunia. Dan terbesar se-Asia tenggara.  Namun yang lebih penting adalah ketercukupan kebutuhan ikan bagi masyarakat Indonesia. Logikanya kita mneyediakan ikan laut yang baik dan sehat serta murah bagi warga Indonesia secara merata baru ekspor digalakkan.
  Yang lebih penting lagi adalah Aspek Kedaulatan dan keamanan di Laut, Karena Hal ini mutlak harus dipertahankan oleh suatu negara yang merdeka. Tanpa Laut yang berdaulat maka roda perekonomian, pengolahan hasil laut tidak akan tercapai. Oleh karena itu diperlukan kehadiran Armada Angkatan Laut yang kuat sehingga Maritime Security threatment dapat ditanggulangi.
 

 TNI  Angkatan Laut  dalam wilayah Konstelasi negara Asia Tenggara adalah yang terbesar. Namun modernisasi Alutsista tetap diperlukan mengingat Indonesia adalah negara maritim dan negara kepulauan terbesar didunia. Sudah Pasti kekuatan Angkatan Laut kita harus mampu menjaga seluruh wilayah kedaulatan laut Indonesia. Pemerintah telah berusaha memenuhi beragam Alutsista untuk TNI Angkatan laut agar sesuai dengan Minimum Essential Force agar NKRI tetap berjaya dilautan. Semoga kedepan TNI AL menjadi yang terkuat dan terbaik di dunia.
  
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog