Never Stop Learn

Sabtu, 04 Mei 2024

Ketahui 7 Cara Hidup Tenang dan Nyaman

Kehidupan yang tenang, ayem dan tentrem adalah impian setiap orang. Pepetah jawa mengatakan “urip iku sawang sinawang” yang artinya kehidupan itu saling melihat satu sama lain, kadang menurut kita kehidupan orang lain tampak lebih indah dan enak padahal belum tentu orang yang menjalaninya merasakan seperti itu”. Ternyata inti kehidupan adalah bersyukur kepada Allah SWT. Kecukupan dalam hati adalah kunci. Oleh karena itu bagi yang merasa hampa, kering dan was-was dalam menghadapi kehidupan. 

Bisa jadi itu karena kurang bersyukur. Tambahlah rasa Syukur, dengan mengucap alhamdulillah sebanyak mungkin atau kalau kamu belum mampu mulailah dengan 33x setiap kamu merasa  lelah. Tambah rasa syukurmu kepada Allah SWT dan kurangi hal-hal yang bikin memiliki masa depan suram:

1.     Kurangi membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Belilah barang yang kamu perlukan saja.

2.     Kurangi junk food. Nikmat sehat akan terasa kalau kamu sudah pernah merasakan sakit. Untuk menjaga badan tetap sehat dan fit hindari mengonsumsi junk food.

3.     Kurangi Begadang hingga larut malam. Jagoan bukan yang tidurnya larut malam, tapi yang tidur pukul 21.00 s.d. 22.00. Kok bisa? Karena jagoan pandai mengatur ritme hidupnya, esok dia harus bangun pagi untuk mengawali masa depan yang lebih baik.

4.     Kurangi bergaul dengan teman yang toxic. Lingkunganmu akan membentukmu, teman yang selalu mengajakmu kepada keburukan, narkoba, free sex dan kemalasan, hindarilah. Tapi kalau kamu sudah kuat dan yakin mampu membawa perubahan kepada temanmu itu, tak apa. Karena hanya ada dua pilihan, kamu yang terseret atau temanmu yang kamu tarik menuju kebaikan dan masa depan yang cerah.

5.     Kurangi gula. Makanan manis dan minuman manis tentu rasanya lezat di lidah. Tapi di balik itu, kesehatanmu terancam. Berbagai penyakit seperti gula, hipertensi, diabetes, lemak hati  dan gangguan jantung dapat mengancam masa depanmu.

6.     Kurangi gaya hidup mewah. Konsep hidup adem, ayem dan tentrem hanya bisa kamu jalankan dengan syarat kamu tidak punya banyak cicilan. Mobil mewah, rumah mewah dan barang-barang branded, kalau semua cicilan malah membuat kita susah tidur, kepikiran dan mudah stress.

7.     Kurangi berbicara terlalu banyak. Ungkapan ini selaras dengan “mulutmu harimaumu” Irit bicara akan membuatmu lebih berwibawa. Berbicaralah yang baik, hindari membicarakan aib orang lain, simpan saja rencana masa depanmu.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog