Never Stop Learn

Minggu, 17 Oktober 2021

Sederet Fakta Unik Masjid Almustofa Bogor

Salah satu bukti sejarah penyebaran agama Islam di Pulau Jawa khususnya Kota Bogor masih dapat kita lihat sampai sekarang. Apa itu ?  

 

Yap...Masjid Al Mustofa namanya. Masjid ini terletak di Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Dikutip dari beberapa sumber masjid ini sudah berusia 711 tahun. Nah berarti masjid ini sudah digunakan untuk bersujud menghadap Allah selama kurang lebih tujuh abad. Masjid ini sendiri didirikan oleh dua orang ulama, yaitu Tubagus H. Mustofa Bakri dari Banten dan Raden Dita Manggala dari Cirebon. Amazing.

Pic 1: Masjid tampak dari depan

Kebetulan saat berkunjung ke masjid ini, mimin menggunakan sepeda jadi masuk melalui Gang Masjid Al Mustofa. Tampak kaligrafi berwarna Hijau dan background Abu-abu. Terdapat sepanduk peringatan maulud Nabi Muhammad SAW yang akan jatuh pada tanggal Rabu, 19 Oktober 2021. Apabila kita lihat dari letaknya, Masjid Al Mustofa berada dekat dengan aliran Sungai Ciliwung. Bisa dibayangkan bagaimana para Ulama di abad 13 menyebarkan kemulian ajaran agama Islam di wilayah Bogor. Mimin mencoba membayangkan, mungkin dahulu tempat ini perkampungan yang dikelilingi pohon-pohon besar. Mari kita lihat posisi masjid ini dari geogle maps sob.

BACA JUGA : MASJID ASSALAFIYAH JAKARTA TIMUR


Nah..kelihatan kan posisinya berada dekat dengan aliran sungai Ciliwung. Sekarang mari kita lihat melalui citra Satelit dibawah ini.



Citra diatas menunjukkan bahwa Masjid Al Mustofa berada di tengah-tengah pemukiman padat penduduk. Tentu saja berbeda jauh dengan 711 tahun yang lalu. Kita patut bersyukur sisa peninggalan ulama ini masih terjaga, semoga makin menguatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat sekitar serta dakwah makin berkembang pesat di Kota ini. 
Pic 2: Suasana didalam Masjid AL Mustofa,
terdapat al-qur'an dan buku khotbah yang berada didalam kaca.

Diketahui, masjid yang didirikan pada 8 Februari 1307 Masehi atau 2 Ramadhan 728 Hijriyah ini telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai cagar budaya pada tahun 2011. Alhmdulilah ya sob...sudah ada perhatian dari pemerintah, mau tidak mau masjid ini adalah bagian dari penyebaran Islam di Nusantara yang harus kita jaga dan lestarikan. Semangat untuk belajar agama islam dan senantiasa memberikan manfaat bagi umat. Kalau para leluhur jaman dahulu bisa, kita juga harus bisa. 

Masjid AL Mustofa mempunyai peninggalan benda bersejarah. Benda tersebut berupa Alquran dan buku khotbah Shalat Jumat yang ditulis tangan oleh Tubagus Mustofa Bakri. Alquran ini ditulis pada lembaran kulit. Kedua benda bersejarah tersebut di perkirakan usianya sama dengan usia masjid Al Mustofa. Masyallah luar baisa.,,7 abad yang lalu Tubagus Mustofa Bakri sudah menulis Al-Qur'an dan sampai saat ini kita masih bisa melihat dan membacanya dari kotak kaca. 

 BACA JUGA : MASJID PERAHU CIBARUSAH

Pic 3: Bedug dan kentongan terletak di belakang area
 Masjid dekat dengan tempat berwudhu.

Disarikan dari halaman republika, makam pendiri masjid yaitu  Raden Dita Manggala, jaraknya berada 200 meter dari letak masjid. Sedangkan makam Tubagus Mustofa, ada di Makkah karena beliau wafat ketika sedang berada di Tanah Suci. 
Pic 4: Gang menju masjid


Pic 5: Suasana sekitar masjid

Pic 6 : Jarak tempuh menuju lokasi 


Nah, cukup sekian sob, tetap semangat terus belajar untuk menjadi lebih baik.


Share:

6 comments:

  1. Terimksh infony

    BalasHapus
  2. AMal yang abadi dan kekal..yups segr bangun masjid

    BalasHapus
  3. Galih_Ratna Engineer Cayank19 Desember 2022 pukul 14.58

    beberapa peninggalan sejarah...mnjadi pelajaran bwt generasi muda tuk bangun negeri..bukan rebahan terus

    BalasHapus

Arsip Blog